Hari Perempuan Internasional dalam 12 Kisah Google Doodle

12 BINGKAI CERITA: Hari Perempuan Internasional 2018 dalam 12 bingkai cerita Google Doogle yang diterjemahkan dalam 80 bahas. | Ilustrasi: Capture Google
12 BINGKAI CERITA: Hari Perempuan Internasional 2018 dalam 12 bingkai cerita Google Doogle yang diterjemahkan dalam 80 bahas. | Ilustrasi: Capture Google

SETIAP 8 Maret diperingati Hari Perempuan Internasional. Kamis (8/3) hari ini, Google mengapresiasi perempuan se-dunia lewat 12 cerita tentang 12 perempuan dari berbagai profesi lewat Google Doodle.

Pembuatan Google Doodle kali ini digawangi dua perempuan, Lydia Nichols dan Alyssa Winans yang tergabung dalam Project Leaders. Dalam keterangannya, dijelaskan bahwa tema setiap cerita adalah universal dan unik.

“Ini mengingatkan kita betapa banyak kesamaan yang kita miliki,” tulis Lydia dan Alyssa.

Ke-12 cerita tersebut yakni Kotak karya Francesca Sanna, Aarhi yang Luar Biasa (Isuri), Usia dan Tahapan (Chihiro Takeuchi), Cinta (Laerte), Bibiku yang Bahagia (Esteli Meza) dan Nov 1989 (Anna Haifisch).

• Baca: Kota Fiksi Gabriel Garcia Marquez Hiasi Google Doodle

Lalu Tanah Air (Saffa Khan), Berbagai Kebaikan (Tunlaya Dunn), Percaya (Philippa Rice), Di Atas Atap (Kaveri Gopalakrishnan), Kemenangan Ntsoaki (Karabo Poppy Moletsane) dan Menit (Tillie Walden).

Alur cerita visual yang disuguhkan cukup sederhana namun bermakna. Karya berjudul Menit, misalnya. Menceritan jika sesorang fokus maka akan bisa mengingat setiap menitnya, menit-menit yang dilalui dalam hidup.

Atau Bibiku yang Bahagia karya Esteli Meza. Menceritakan seorang bibi yang bahagia, tapi suatu hari tiba-tiba terkena kanker lalu semuanya berubah. Inilah masa sulit bagi sang bibi namun dia menyadari kekuatannya, dan kekuatan itu kembali menumbuhkan kebahagiaanya.

• Baca: Novelis Agung Virginia Woolf Hiasi Google Doodle

“Proyek Doodle ini menjadi perjalanan yang luar biasa bagi kami. Ini membuat kamu tersentuh dengan kejujuran, keakraban, dan juga keberanian para kontributor dari ke-12 cerita,” tambah Lydia dan Alyssa.

Lebih dari itu, Google Doodle hari ini terasa spesial karena diterjemahkan dalam 80 bahasa dan muncul di semua negara secara bersamaan. Selamat Hari Perempuan Internasional!