Kamis, 07 Juli 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Penetapannya Tak Lepas dari Usulan PWNU Jatim

Berita Terkait

USULAN PWNU JATIM: Runutan sejarah penetapan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. | Data Grafis: Media Center NU Jatim
BUAH USULAN PWNU JATIM: Runutan sejarah penetapan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. | Data Grafis: Media Center NU Jatim
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, pemerintah menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional.

Penetapan itu tak lepas dari usulan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim yang tertuang dalam pernyataan sikap dalam seminar “Kembali ke Pancasila” di Surabaya, Selasa, 1 Maret 2016.

Saat itu seminar dihadiri Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristyanto, Wakil Rais Aam PBNU KH Miftakhul Achyar, Gubernur Jatim Soekarwo, Wagub Jatim Saifullah Yusuf, dan pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Eep Saefullah Fatah.

NU berpendapat, pluralitas dan multikulturalitas dari bangsa adalah fakta yang membutuhkan perangkat ideologi pendukung agar menjadi negara-bangsa yang kokoh, kuat, dan Pancasila merupakan kalimatun sawa (titik temu) semua elemen bangsa.

Selain itu, NU menyebut pidato Soekarno pada 1 Juni 1945 adalah fakta sejarah yang tak dapat disangkal dan Soekarno adalah penggali Pancasila. Agar momentum kesejarahan itu tidak hilang, maka PWNU Jatim mengusulkan 1 Juni ditetapkan menjadi Hari Kelahiran Pancasila.

Berikut runutan sejarah penetapan Hari Lahir Pancasila yang diolah Media Center NU Jatim:

1 Maret 2016
PWNU Jawa Timur mengadakan seminar “Kembali ke Pancasila” di Surabaya, melahirkan pernyataan sikap bersama untuk menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

9 Maret 2016
PWNU Jawa Timur mengirimkan surat resmi ke PBNU untuk mengusulkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

14 Maret 2016
PBNU secara resmi berkirim surat usulan ke Presiden RI untuk menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila

30 April 2016
Apel Besar Harlah ke-93 NU di Pasuruan secara resmi menyampaikan naskah akademik tentang usulan penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila

1 Juni 2016
Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 tahun 2016, 1 Juni secara resmi ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila dan hari libur nasional.

» Baca berita terkait Pancasila. Baca juga tulisan terukur lainnya Retna Mahya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -