Hari Ini Audiensi ke JK, DMI Jatim Akan Bahas Tiga Hal

DMI JATIM: Roziqi, hari ini audiensi ke Jusuf Kalla terakit DMI Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
AUDIENSI KE JK: Roziqi, hari ini DMI Jatim audiensi ke Jusuf Kalla untuk membahas tiga hal. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Jumat (30/8/2019) hari ini, Ketua terpilih PW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jatim periode 2019-2024, KH M Roziqi dan sejumlah calon pengurus akan melakukan audiensi dengan Ketua Umum DMI yang juga Wapres RI, Jusuf Kalla (JK).

“Audiensi ke Pak JK itu, yang pertama, kita ingin pengurus harian ini silaturahim ke beliau, untuk mohon berkenan melantik dan mengukuhkan di Jatim,” katanya pada Barometerjatim.com.

Kepengurusan Roziqi akan diisi sejumlah tokoh, kalangan pesantren, mantan pejabat, serta berlatar belakang pengusaha. Di antaranya Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans, Masnuh, Arum Sabil, Sudjak dan Hadi Santoso.

Kedua, Roziqi dan rombongan ingin dialog tentang radikalisme. DMI Jatim siap membantu pemerintah dalam menangkal radikalisme melalui masjid.

“Nanti para katib, da’i, terutama para remaja, kita ajak bergerak agar supaya radikalisme ini tidak masuk ke Indonesia, terutama kita akan menangkalnya melalui masjid,” tuturnya.

Ketiga, lanjut Roziqi, pihaknya ingin dialog dengan JK terkait pemberdayaan ekonomi melalui masjid. “Bisa dalam bentuk koperasi, poliklinik dan lainnya,” ucap mantan ketua tim pemenangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub jatim 2018 itu.

Menurut Roziqi, keberadaan DMI sangat penting karena semua yang berkaitan dengan keumatan bisa dilakukan melalui masjid. “Misalnya tadi, soal radikalisme, karena banyak juga yang ‘bersarang’ melalui masjid,” katanya.

Ditanya soal sinergi dengan Pemprov Jatim, Roziqi menjelaskan saat ini DMI di antaranya membantu program pemberian uang kehormatan untuk para imam masjid, masing-masing Rp 2 juta.

“Tahun ini ada 11 ribu imam (total Rp 22 miliar) yang diberi uang kehormatan dari Pemprov. Ibu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) berpesan supaya dicari masjid-masjid yang di desa terlebih dahulu dan sekarang sudah jalan,” tandas Roziqi.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim, Masjid