Hadiri Pertemuan Dunia, Emil Absen di Penetapan KPU Jatim

PERTEMUAN DUNIA DI NEW YORK: Emil Dardak bersama para kepala daerah dua dalam pertemuan Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018 di New York. | Foto: IST
PERTEMUAN DUNIA DI NEW YORK: Emil Dardak bersama para kepala daerah dunia dalam pertemuan Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018 di New York. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Emil Elestianto Dardak dipastikan tidak bisa menghadiri undangan KPU Jatim, dalam acara penetapan gubernur dan wakil gubernur Jatim terpilih di salah satu hotel di Surabaya, Selasa (24/7) malam nanti.

“Iya, nanti malam Mas Emil tidak bisa hadir. Beliau masih di New York sejak tanggal 20 sampai 26 Juli nanti, menghadiri acara Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018,” terang Mahathir Muhammad, asisten pribadi Emil saat dikonfirmasi Barometerjatim.com, siang ini.

Mahathir menuturkan, Emil hadir dalam kapasitasnya sebagai bupati Trenggalek dan menjadi satu-satunya wakil kepala daerah yang diundang Michael Bloomberg dan rektor Harvard University.

• Baca: Hari Ini Ditetapkan, Khofifah-Emil Sah Gubernur-Wagub Jatim

“Ketidakhadiran Mas Emil sudah terkomunikasikan dengan Ibu Khofifah, dan beliau mengizinkan. Insyaallah kehadiran Mas Emil akan menjadi kado terindah dan kebanggaan tersendiri bagi Jatim, karena membawa nama Trenggalek, Jatim dan Indonesia,” tandas Mahathir.

Partisipasi Emil di forum tersebut memang tidak sebatas diundang, tapi melalui seleksi ketat. Harvard dan Bloomberg sangat selektif dalam memilih perwakilan kepala daerah dari luar zona North America, karena peserta diharapkan akan memperkaya kualitas grup dan materi pembahasan dalam menyusun platform kepemimpinan daerah.

Kepala daerah dari mancanegara ini akan menjadi satu grup dengan 30 wali kota dari kota-kota ternama di Amerika Serikat seperti Miami (Florida), Atlanta (Georgia) dan  San Antonio (Texas). Kota-kota AS yang dipilih kebanyakan ibu kota negara bagian (state capital) atau kota terbesar di negara bagian.

• Baca: Wow! Bloomberg dan Harvard University Akui Prestasi Emil

Sedangkan sosok luar North America yang dipilih kebanyakan kepala daerah dari ibu kota negara, atau salah satu kota terbesar negara seperti wali kota West Midlands di Inggris Raya, yang di dalamnya mengelola wilayah perkotaan Birmingham dan Coventry serta menjadi metropolitan terbesar kedua di Inggris.

Ada pula wali kota Helsinki dari Finlandka, wali kota Sao Paulo dari Brasil, serta wali kota Quito dari Ecuador yang juga mantan calon presiden serta tuan rumah kongres akbar perkotaan dunia 20 tahunan PBB yang bernama Habitat-3.

Mengacu nama-nama besar yang berpartisipasi, menjadi hal yang mengejutkan kalau Trenggalek yang merupakan kabupaten relatif kecil di Jawa Timur turut diundang dan menjadi satu-satunya wakil dari wilayah Asia dalam Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018.