Hari Ini Ditetapkan, Khofifah-Emil Sah Gubernur-Wagub Jatim

SAATNYA BANGUN JAWA TIMUR: Paslon Khofifah-Emil dan Saifullah-Puti saat pengambilan nomor urut, 13 Januari 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
SAATNYA MEMBANGUN JAWA TIMUR: Paslon Khofifah-Emil dan Saifullah-Puti saat pengambilan nomor urut, 13 Januari 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Selasa (24/7) malam nanti, pukul 19.00 WIB, di salah satu hotel di Surabaya, KPU Jatim akan menetapkan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim terpilih.

Dalam penetapan tersebut, KPU Jatim mengundang seluruh stakeholder. Mulai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) se-Jatim, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim hingga gubernur.

Selain itu, KPU Jatim juga mengundang kedua pasangan calon, Khofifah-Emil dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dan partai politik (Parpol) pengusung dan pendukung. Khofifah Emil diusung Demokrat, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP dan PAN serta didukung PKPI, PSI dan PBB. Sedangkan Saifullah-Puti diusung PKB, PDIP, PKS dan Gerindra serta didukung Perindo.

• Baca: Batas Waktu Habis! Gus Ipul-Puti Tak Ajukan Gugatan ke MK

“Kami juga mengundang 16 Parpol peserta Pemilu 2019,” terang Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data Pemilih Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam kepada wartawan di Surabaya, Senin (23/7).

Anam berharap, acara ini sekaligus menjadi akhir dari rivalitas kedua paslon di Pilgub Jatim 2018. Dengan demikian, masyarakat tidak lagi terkotak-kotak dalam perbedaan dukungan dan terbangun suasana guyub rukun untuk bersama-sama membangun Jatim.

”Momentum ini menjadi acara terakhir di tahapan Pilkada serentak, khususnya Pilgub Jatim. Saatnya konsentrasi untuk bersama-sama membangun Jatim,” ujarnya.

• Baca: Sah! Khofifah-Emil Pemenang Pilgub Jatim 2018

Karena itu, lanjut Anam, KPU Jatim akan memberikan kesempatan kepada kedua Paslon untuk menyampaikan pidato, mengajak para pendukungnya dalam satu semangat membangun Jatim.

Seperti diketahui, KPU Jatim telah menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat provinsi pada 7 Juli 2018. Hasilnya, Khofifah-Emil meraih 10.465.218 suara (53,55 persen) atau menang atas rivalnya, Saifullah-Puti yang mendapat 9.076.014 (46,45 persen).