Gaji Masih ‘Sajuta’, Sandiaga Pasang Badan untuk Guru PAUD!

Sandiaga Uno menyapa para guru PAUD di Surabaya, Kamis (4/3/2019) | Foto: Barometerjatim.com/natha lintang
Sandiaga Uno menyapa para guru PAUD di Surabaya, Kamis (4/3/2019) | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sandiaga Uno menilai para guru Pendidikan Usia Anak Dini (PAUD) belum sejahtera. Bahkan gajinya pun hanya ‘sajuta’ (sabar, jujur dan tawakal). Cawapres 02 itupun siap pasang badan untuk kesejahteraan guru PAUD jika terpilih bersama Prabowo.

“Kami punya pengalaman di DKI Jakarta dengan berbagai komitmen kita untuk menyejahterakan guru PAUD,” kata Sandiaga usai dialog interaktif bertema Cawapres Menyapa Guru PAUD Indonesia di DBL Arena, Surabaya, Kamis (4/3/2019).

Di DKI, Sandi bersama Gubernur Anies Baswedan membuat kebijakan yang selama ini tidak diberikan pemerintah kepada guru PAUD, dengan mengajukan anggaran Rp 63 miliar dan disetujui DPRD DKI Rp 40,2 miliar, kemudian dialokasikan melalui Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Indonesia).

“Dengan alokasi Rp 40,2 miliar untuk hibah guru PAUD kita berikan tambahan, bukan gajinya, karena kita yakin masih sangat kurang. Tambahannya Rp 500 ribu per orang untuk guru PAUD se-DKI, dan kita pasang badan untuk berbicara dengan DPRD,” paparnya.

Nah, jika terpilih memimpin negeri ini bersama Capres Prabowo Subianto, Sandi berjanji akan membawa program untuk kesejahteraan guru PAUD di DKI tersebut ke level nasional.

“Kami yakin jika kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot), Pemerintah Kabupaten (Pemkab), dan Provinsi (Pemprov), kita bisa meningkatkan kesejahteraan guru-guru PAUD,” jelasnya.

Gaji Memprihatinkan

Para guru PAUD se-Jatim dialog interaktif degan Sandiaga Uno  di Surabaya, Kamis (4/3/2019) | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Para guru PAUD dialog interaktif dengan Sandiaga di Surabaya, Kamis (4/3/2019) | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

Selama ini, kata Sandi, para guru PAUD pendapatannya masih ‘sajuta’ dan itu sangat memprihatinkan. Dirinya justru sangat tersentuh, karena dengan segala keterbatasannya, mereka malah memberikan sumbangan untuk perjuangan Prabowo-Sandi.

“Ini sebagian dari sumbangan guru PAUD, karena mereka juga ingin sebuah perubahan dalam sistem, bagaimana kita mengelola PAUD di 2019-2024 bersama Prabowo-Sandi,” ucapnya.

Bagi Prabowo-Sandi, PAUD sangat penting karena masa depan anak-anak usia sekarang, tahun-tahun keemasan mereka dimulai dari PAUD. “Karena itu guru-guru PAUD sangat penting,” tegasnya.

Para guru PAUD, kata Sandi, akan membentuk generasi yang kuat, “Menghasilkan anak-anak dari usia dini ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecerdasannya dan berakhlak mulia,” tuntasnya.•

» Baca Berita Terkait Pilpres 2019, Prabowo-Sandi