Foto Hot Mirip Azwar Anas Viral, PDIP Cari ‘Kambing Hitam’

CARI 'KAMBING HITAM': Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto tuding 'pihak sana' melakukan permainan politik untuk menjatuhkan Azwar Anas. | Foto: Ist
CARI ‘KAMBING HITAM’: Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto tuding ‘pihak sana’ melakukan permainan politik untuk menjatuhkan Azwar Anas. | Foto: Ist

JAKARTA, Barometerjatim.com – PDI Perjuangan, lewat Sekjen Hasto Kristiyanto, mulai mencari ‘kambing hitam’ atas beredarnya foto hot mirip Abdullah Azwar Anas yang viral di media sosial. Dia menuding ‘pihak sana’ yang melakukan permainan tersebut.

Dalam statement-nya, Hasto menyebut “pihak sana” cenderung menghalalkan segala cara. “Mereka yang telah kami pilih, dan punya potensi menang, tentu saja secara sengaja dan sistematis dicoba diturunkan elektabilitasnya,” katanya, Jumat (5/1).

Hasto tak secara tegas menyebut siapa “pihak sana” yang dimaksud. Namun dalam konteks Pilgub Jatim 2018, baru ada satu pasangan bakal lawan Saifullah Yusuf-Azwar Anas, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

• Baca: Anas ‘Alihkan’ Foto Hot dengan Cerita Pimpin Banyuwangi

Selain menuding ‘pihak sana’, Hasto juga menegaskan, PDIP tak berpikir untuk menggantikan Anas sebagai bakal Cawagub untuk mendampingi Gus Ipul.

“Ketika partai mengambil atas pertimbangan ideologis, maka paslon yang kami usung didedikasikan untuk rakyat, bangsa dan negara. PDI Perjuangan tidak pernah memiliki pemikiran sedikit pun untuk mengganti paslon tersebut,” paparnya.

Sebelumnya, kabar bakal mundurnya Anas disampaikan Saifullah, Kamis (4/1) malam. “Saya memang diberi tahu lewat WA (WahatsApp), dia (Anas) berniat mengundurkan diri dan disampaikan ke DPP (PDIP). Cuma masalahnya apa saya belum tahu, nanti mungkin Mas Anas yang menyampaikan,” katanya.

“Ya tentu ada pendalaman-pendalaman-lah,  tentang isu-isu yang berkembang yang bisa menjadi pertimbangan nanti pada saatnya dibahas di tingkat partai dan dicari solusi-solusi.”

Hati-hati Bicara

Sementara itu menanggapi statement tendensius Hasto, Ketua Presidium Sahabat Khofifah, Ali Azhar meminta agar yang bersangkutan berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan.

“Hati-hati bicara! Menuding pihak lawan atau ‘pihak sana’, itu sama artinya mengatakan pasangan Khofifah-Emil, karena hanya ada pasangan ini sekarang,” katanya.

Menurut Gus Ali — sapaan Ali Azhar — tudingan Hasto tersebut tidak masuk akal. Sebaliknya, dia justru kasihan sama Anas. “Kalau benar, sekali lagi, kalau benar dia mundur atau terpaksa harus mundur, jelas ini korban arogansi politisi dalam mencari alibi,” katanya.

• Baca: Anas Kalah Sebelum ‘Perang’, Gus Ipul Enggan Terus Terang

Seperti diberitakan, seharian kemarin publik dihebohkan dengan dua foto mirip Anas yang tersebar melalui pesan berantai di WA. Di salah satu foto tampak pria mirip Anas tanpa celana sambil memegang sebuah power bank, dengan latar foto kamar mewah sebuah hotel.

Di foto lainnya, pria mirip Anas menggunakan kaus berawarna biru tua berada di dalam mobil. Tampak pula wine dan kaki bersih, diduga kaki perempuan, menumpang ke perut pria tersebut.