Anas Kalah Sebelum ‘Perang’, Gus Ipul Enggan Terus Terang

BYE BYE ANAS: Gus Ipul-Azwar Anas saat diumumkan bakal diusung PDIP di Pilgub Jatim 2018. Jelang pendaftaran tiba-tiba Anas mundur. | Foto: Ist
BYE BYE ANAS: Gus Ipul-Azwar Anas saat diumumkan bakal diusung PDIP di Pilgub Jatim 2018. Jelang pendaftaran tiba-tiba Anas mundur. Ada apa Anas? | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Baru beberapa jam petinggi PDIP sibuk mengeluarkan bantahan bakal mengevaluasi posisi Abdullah Azwar Anas sebagai pendamping Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilgub Jatim 2018. Kini kabar mengejutkan justru disampaikan sendiri oleh Gus Ipul: Anas mundur!

Ya, empat hari jelang pendaftaran Cagub-Cawagub Jatim, Anas yang sedianya mendampingi Gus Ipul tiba-tiba ‘kalah sebelum berperang’ alias ‘mundur sebelum bertempur’. Ada apa Anas?

Belum ada jawaban pasti, Gus Ipul juga enggan berterus terang dan baru menyampaikan keterkejutannya. “Saya terkejut dengar kabar itu. Tapi biarkan Mas Anas sendiri nanti yang menjelaskan mengapa beliau mengundurkan diri,” katanya kepada wartawan, Kamis (4/1) malam.

Gus Ipul bahkan mengaku belum berkomunikasi secara mendalam dengan Anas. “Komunikasi sama Mas Anas lewat WhatsApp (WA). Beliau nanti akan menemui saya dan menjelaskan sendiri seperti apa masalahnya kenapa berniat mundur,” ucapnya.

• Baca: Gus Ipul-Anas Diisukan Pecah, PDIP Sibuk Membantah

Wagub Jatim tersebut menambahkan, saat ini sedang didalami sejumlah isu yang berkembang. “Kita tunggu nanti hasilnya 2-3 hari ke depan. Pada saatnya nanti akan disampaikan,” katanya.

“Sekarang kami fokus pada rencana selanjutnya. Apakah nanti ganti pasangan dan lain-lain, itu sesuatu yang biasa-biasa saja dalam politik.”

Lantas, siapa yang akan menggantikan posisi Anas? “Saya nggak mau berspekulasi siapa nama-nama yang menggantikan. Tunggu saja dalam waktu dekat 2-3 hari ke depan. PKB dan PDIP sedang mendalami sebuah isu yang berkembang,” tandasnya.