Final Usung Prabowo, Gerindra Tak Akan Belok ke Anies!

MAJU CAPRES 2024: Gerindra fix usung Prabowo nyapres 2024, tak akan belok ke kandidat lain. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
MAJU CAPRES 2024: Gerindra fix usung Prabowo nyapres 2024, tak akan belok ke kandidat lain. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, KH Irfan Yusuf Hasyim alias Gus Irfan menegaskan partainya hampir pasti mengusung Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai Capres di 2024.

Jangan-jangan nanti di ujung berbelok ke kandidat lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan misalnya? “Insyaallah enggak, kita serius,” katanya, Selasa (19/10/2021). Jadi fix ya Prabowo presiden, bukan king maker? “Insyaallah bukan,” tegasnya.

Tapi dari hasil survei dengan responden warga Jatim, Prabowo masih kalah dengan Ganjar Pranowo?

“Survei kan bisa bermacam-macam. Kita tidak terlalu terpaku pada survei-survei, tapi kita juga punya tim survei sendiri,” katanya.

Dari survei internal Gerindra, Gus Irfan menyebut Prabowo teratas. “Alhamdulillah Pak Prabowo masih teratas. (Prabowo) masih di atasnya (Ganjar),” katanya.

Gus Irfan juga mengingatkan, bahwa Jatim bakal menjadi provinsi yang sangat penting bagi Gerindra dan Prabowo di Pilpres 2024.

“Perlu saya ingatkan, kunci kemenangan di Indonesia ada di Jatim. Kalau bisa memenangkan Jatim, selesai!” katanya.

Di Pilpres sebelumnya, tandas Gus Irfan, Prabowo hampir memenangi seluruh wilayah di seluruh Indonesia tapi selalu ‘dikalahkan’ di Jatim.

“Salah satu kunci dikalahkannya Pak Prabowo tahun kemarin adalah di Jatim. Bukan kalah, dikalahkannya kemarin karena di Jatim,” tegasnya.

Karena itu, lanjut Gus Irfan, tugas seluruh pengurus dan kader Gerindra adalah bisa menyukseskan apa yang telah dicanangkan Sekjen Ahmad Muzani, yakni mencalonkan kembali Pak Prabowo di 2024.

“Beberapa hari yang lalu Pak Sekjen sudah dengan tegas menyatakan bahwa Pak Prabowo siap untuk maju lagi Pilpres 2024,” ucap cucu Pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari itu.

Dari sejumlah hasil survei, elektabilitas Prabowo di Jatim memang belum teratas. Dalam survei terbaru yang dirilis The Republic Institute, 1 hingga 13 September 2021, Prabowo masih di bawah Gubernur Jateng, Gajar Parnowo dengan persentase 23,0% berbanding 31,4%.

Begitu pula dalam survei Charta Politika Indonesia periode 12-20 Juli 2021. Ganjar masih memuncaki elektabilitas tokoh untuk simulasi 10 nama dengan keterpilihan 20,6%, disusul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 17,8%; Prabowo 17,5%; serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno 7,7%.

» Baca Berita Terkait Pilpres 2024