Emil Komitmen Perhatikan Kemajuan Pendidikan Swasta

TASYAKURAN DI PONPES ASWAJA: Emil Dardak menghadiri tasyakuran di Ponpes Bumi Aswaja di Desa Wonokerto, Kecamatan Dukun, Selasa (31/7) petang. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
TASYAKURAN DI GRESIK: Emil Dardak menghadiri tasyakuran di Ponpes Bumi Aswaja di Desa Wonokerto, Kecamatan Dukun, Gresik, Selasa (31/7) petang. | Foto: Barometerjatim.com/DIDIK HENDRIYONO

GRESIK, Barometerjatim.com – Wakil gubernur Jatim terpilih, Emil Elestianto Dardak komitmen memberikan perhatian terhadap sekolah swasta, selain sekolah negeri yang selama ini memang menjadi tanggung jawab pemerintah.

Hal itu disampaikan Emil saat menghadiri tasyakuran kemenangan Khofifah-Emil di Ponpes Bumi Aswaja asuhan KH Irsyadul Ibad Zarohim di Desa Wonokerto, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Selasa (31/7) petang.

Menurut Emil, sekolah swasta baik yang berada di lingkungan Ponpes, yayasan dan lembaga pendidikan lain di Jatim cukup banyak. Bahkan, selama ini, sekolah-sekolah swasta tak sedikit mencetak generasi andal.

• Baca: Batik Trenggalek, Oleh-oleh Emil untuk Michael Bloomberg

Sayangnya, tandas Emil, dalam segi pengalokasian anggaran dari pemerintah masih kalah jauh dengan pendidikan negeri yang menjadi wewenang pemerintah.

“Saya dan Bu Khofifah akan concern dalam memberikan perhatian terhadap kemajuan pendidikan swasta. Apalagi, hal ini sejalan dengan program Nawa Bhakti Satya, sembilan program unggulan kami berdua,” papar bupati Trenggalek itu.

Di sisi lain, suami pesohor Arumi Bachsin tersebut meminta agar Ponpes maupun lembaga pendidikan swasta lainnya meningkatkan kualitas pendidikannya. Sebab, setiap anggaran pemerintah yang masuk ke Ponpes nantinya akan difokuskan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas.

• Baca: Jangan Lupa! Ada Kekuatan Arumi di Balik Kehebatan Emil

“Saya minta setiap bantuan yang masuk ke pesantren, lembaga pendidikan swasta, bisa bermanfaat untuk pengembangan kualitas pendidikan di sana,” pintanya.

Emil juga meminta agar lembaga pendidikan swasta membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berkualitas, sehingga setelah siswanya lulus dan tidak bisa meneruskan kuliah, mereka siap bekerja.

Dukungan Pihak Ponpes

Sementara Pengasuh Ponpes Bumi Aswaja, KH Irsyadul Ibad Zarohim sangat mendukung program Khofifah-Emil dalam memperhatikan pendidikan swasta.

“Tentu sebagai pengelola lembaga pendidikan, kami sangat berterima kasih atas perhatian dan support Bu Khofifah-Mas Emil terhadap kemajuan sekolah swasta,” katanya.

• Baca: Kawal Janji Kampanye, Politikus Golkar Siap Kritik Khofifah-Emil

Dalam acara tasyakuran tersebut, selain Emil, hadir pula sepuh Gresik KH Robbach Ma’sum, tokoh masyarakat, para Bacaleg dari Parpol pendukung, tim sukses, relawan serta sahabat Khofifah-Emil Gresik.