Kamis, 07 Juli 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Emil Dardak Berpeluang Gubernur Jika Khofifah Cawapres, Sekalipun Lawannya Gus Ipul!

Berita Terkait

EMIL LEWATI GUS IPUL: Elektabilitas Emil Dardak lewati Gus Ipul jika bertarung di Pilgub Jatim 2024. | Foto: IST
EMIL LEWATI GUS IPUL: Elektabilitas Emil Dardak bakal lewati Gus Ipul jika keduanya bertarung di Pilgub Jatim 2024. | Foto: IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Elektabilitas Khofifah Indar Parawansa masih tertinggi jika kembali maju gubernur di Pilgub Jatim 2024. Namun andai memilih meloncat ke Cawapres, maka Wagub Emil Elestianto Dardak yang berpeluang besar menang, sekalipun berhadapan dengan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Data itu terpapar dari hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang dilakukan pada 11-25 April 2022. Khofifah dipilih 40,3% responden. Di bawahnya, Emil Dardak menyodok dengan 10,3%, disusul Gus Ipul (7,2%), LaNyalla Mattalitti (7,1%), Halim Iskandar (6,7%), dan Tri Rismaharini alias Risma (5,3%)

“Kalau Khofifah ke Pilpres, maka tertinggi Emil sekalipun lawannya Gus Ipul. Kalau Khofifah di Pilpres, maka Emil punya peluang untuk menjadi gubernur siapa pun gandengannya,” kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt saat pemaparan hasil survei lembaganya di Surabaya, Kamis (12/5/2022).

Populasi survei ARCI yakni seluruh warga Jatim yang punya hak pilih, dan dipilih 1.200 responden secara rendom (multistage rabdom sampling) dengan margin of error kurang lebih 3% pada tingkat kepercayaan 95%.

Bahkan saat responden disodori tiga nama. Emil Dardak yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Jatim tetap leading dengan 17,8%, disusul Gus Ipul (11,3%), dan Ketua DPRD Jatim yang juga Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi (6,7%). Sedangkan 39,7% sisanya menjawab nama lain dan 24,5% tidak menjawab/tidak tahu.

Pun saat Emil Dardak dihadapkan dengan dua nama lainnya, Halim Iskandar dan Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhammad Sarmuji. Emil Dardak leading dengan 17,9%, Halim dan Sarmuji masing-masing 8,6% dan 7,1%. Sedangkan 41,4% menjawab nama lain, dan 25,2% tidak menjawab/tidak tahu.

DOMINASI KHOFIFAH-EMIL: Elektabilitas kandidat Cagub Jatim 2024. Masih didominasi Khoififah dan Emil. | Sumber: ARCI
DOMINASI KHOFIFAH-EMIL: Elektabilitas kandidat Cagub Jatim 2024. Masih didominasi Khoififah dan Emil. | Sumber: ARCI

» Baca berita terkait Survei. Baca juga tulisan terukur lainnya Abdillah HR.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -