Emil Ajak Milenial Pacitan Bangun Kawasan Selatan

BANGUN WILAYAH SELATAN: Cawagub Emil Dardak menghadiri dialog bersama pemuda milenial Pacitan di halaman kantor DPC Partai Demokrat Pacitan, Jumat (4/5). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
BANGUN WILAYAH SELATAN: Cawagub Emil Dardak menghadiri dialog bersama pemuda milenial Pacitan di halaman kantor DPC Partai Demokrat Pacitan, Jumat (4/5). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

PACITAN, Barometerjatim.com – Jawa Timur baru kuat di kawasan utara dan belum kokoh di selatan. Agar sama-sama kuat, Emil Elestianto Dardak mengajak pemuda untuk bahu-membahu membangun kawasan yang dikenal dengan sebutan Mataraman tersebut.

“Ibarat sapu lidi, kalau lidinya sendiri-sendiri maka mudah dipatahkan, tapi jika diikat bersama-sama maka akan kuat,” kata Cawagub Jatim nomor urut satu tersebut saat menghadiri dialog bersama pemuda milenial Pacitan di halaman kantor DPC Partai Demokrat Pacitan, Jumat (4/5).

“Maka dari mulai Pacitan kota sampai Nglorok, Oanggul, Prigi, Popoh terus selatan ini akan tersambung, sehingga membuka peluang membangun kawasan selatan Jawa Timur,” tambah alumnus University Of Oxford Inggris itu.

Soal membangun kawasan, Emil memang memiliki catatan manis. Salah satunya capaian membangun kota baru di Trenggalek, yakni Kecamatan Panggul yang kini sudah memiliki alun-alun, bahkan Puskesmas menjadi rumah sakit pratama. Semua itu bukti nyata Emil dalam membangun kawasan selatan.

• Baca: Muda dan Inspiratif, Alasan Pegiat Desa Wisata Dukung Emil

“Dulu dari Pacitan kalau mau ke Tulungagung susah, insyaallah tahun ini sudah akan dibangun program besar-besaran dari Pacitan, Prigi sampai ke Tulungagung,” ucapnya.

SUami Arumi Bachsin itu juga menginformasikan jalur pantai selatan sampai Tulungagung akhir tahun depan selesai, sehingga mampu mewujudkan pembangunan pesisir selatan. Adanya Jalur Lintas Selatan (JLS) ini otomatis akan membawa peluang besar bagi pengembangan perekonomian.

“Sudah saatnya Jawa Timur tidak hanya kuat di kawasan utara, namun juga harus kokoh di selatan dan mewujudkannya harus dilakukan bersama-sama,” tandasnya yang disambut aplaus para pemuda.

Pelayaran Perintis

Emil optimistis pembangunan kawasan selatan akan terwujud. Apalagi dia bersama kepala daerah dari ujung timur hingga barat pulau Jawa, bersepakat dan membuat kerjasama yang kemudian disetujui pemerintah pusat. Salah satunya terkait rencana mewujudkan pelayaran perintis selatan nusantara.

“Jika dulu pelayaran tol laut hanya ada di utara, maka kita akan mengubah paradigma itu dan persis di 2018 ini sudah diluncurkan dan diresmikan pelayaran perintis selatan nusantara,” katanya.

• Baca: Emil-Arumi ‘Magnet Baru’ bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah

Adanya pelayaran perintis selatan nusantara membuka peluang pengiriman barang di kawasan selatan Jawa. “Tadi yang saya sampaikan bukan janji, bukan program rencana, tetapi sudah berjalan,” katanya.

“Sudah menjadi bukti, bahwa sebagai saudara dari Mataraman saya berpikir bagaimana kawasan selatan maju bersama-sama. Makanya pilihlah pemimpin yang sudah berjuang, bukan yang akan berjuang,” tegas Emil.