Kamis, 29 September 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Elektabilitas PKB Teratas di Jatim, ARCI: Belum Aman, Masih Berpeluang Disalip Gerindra!

Berita Terkait

PELUANG GERINDRA: Baihaki Siratj, Gerindra masih berpeluang menyalip PKB di puncak elektabilitas Parpol. | Foto: IST
PELUANG GERINDRA: Baihaki Siratj, Gerindra masih berpeluang menyalip PKB di puncak elektabilitas Parpol. | Foto: IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebut elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) teratas (16,8%) di Jatim, disusul PDIP (16,1%).

Namun Direktur ARCI, Baihaki Siraijt mengingatkan, keunggulan PKB di Jatim belum benar-benar aman karena margin of error dalam survei masih sebesar 2,8%.

Artinya, PDIP masih bisa menggeser PKB, bahkan Gerindra yang berada di peringkat ketiga (15,4%) berpeluang menyalip ke peringkat pertama. Terlebih masih ada 10,3% responden yang belum menentukan jawabannya.

“Jelas belum aman PKB, karena itu masih angka margin of error. Gerindra saja masih berpeluang besar loh naik di peringkat pertama,” katanya usai merilis hasil survei lembaganya di Surabaya, Senin (19/9/2022).

Terlebih sejak Prabowo Subianto mendeklarasikan siap maju sebagai Capres 2024, tandas Baihaki, elektabilitas Gerindra kembali merangkak naik.

“Kita ingat awal 2021 elektabilitas Gerindra di Jatim itu di angka 10%. Perlahan naik angkanya saat dipimpin Anwar Sadad, hampir menyentuh 14%,” ungkap Baihaki.

“Saat Agustus lalu Prabowo mendeklarasikan diri Capres, Gerindra di Jatim dapat angin segar lagi, naik sampai 15%,” sambungnya.

Sebaliknya, beber Baihaki, PDIP dan PKB cenderung turun. Hal ini bisa dimanfaatkan Gerindra untuk menyalip dengan waktu satu 1,5 tahun menuju Pemilu 2024.

“Saya lihat kader Gerindra seperti Gus Sadad juga getol turun ke masyarakat. Tapi Gerindra harus kerja keras meraih suara milenial di Jatim. Tinggal itu PR-nya saya kira, karena ceruk suara Nahdlatul Ulama (NU) mereka juga bisa masuk,” tandasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September 2022 di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

» Baca berita terkait Survei. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -