Kamis, 29 September 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Survei ARCI: PKB Teratas di Jatim, Gerindra Tempel PDIP, Demokrat Tersendat di Peringkat 5

Berita Terkait

PKB JUARA DI JATIM: Baihaki Siratj, elektabilitas PKB masih teratas di Jawa Timur. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PKB JUARA DI JATIM: Baihaki Siratj, elektabilitas PKB masih teratas di Jawa Timur. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas partai politik di Jatim. Hasilnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih di posisi teratas dengan keterpilihan 16,8%.

“PKB masih Parpol dengan elektabilitas tertinggi di Jatim, namun angkanya dengan PDIP cukup tipis,” kata Direktur ARCI, Baihaki Siratj saat memaparkan hasil survei lembaganya di Surabaya, Senin (19/9/2022).

Setelah PKB di peringkat pertama, disusul PDIP di peringkat kedua dengan elektabilitas 16,1%, ditempel ketat Gerindra (15,4%), kemudian di bawahnya ada Golkar (10,2%), sedangkan Demokrat tersendat di peringkat lima (9,7%). Partai lain berada di bawah 7% dan 10,3% responden menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September 2022 di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error sebesar 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Baihaki menyatakan, yang menarik elektabilitas Parpol di Jatim yang menyentuh dua digit kini bertambah dengan adanya Golkar. Menurutnya, Pemilu 2024 di Jatim masih terbuka lebar untuk lima partai peringkat teratas.

“Hari ini yang sudah di atas 10 persen ada PKB, PDIP, Gerindra, dan Golkar. Demokrat melengkapi lima besar,” jelasnya.

Soal Gerindra dan Golkar tren elektabilitasnya meningkat, terang Baihaki, karena kedua partai mulai bergeliat aktif turun ke masyarakat.

“Akhir-akhir ini Gerindra dan Golkar sangat aktif membuat berbagai kegiatan dan tokoh di Parpolnya rajin turun ke masyarakat. Ini membuat elektabilitas kedua partai naik,” ujarnya.

Baihaki menambahkan, memang ada jarak yang cukup jauh antara partai lima besar di Jatim dengan Parpol di bawahnya. Namun untuk posisi teratas masih bisa berubah-ubah dengan sisa waktu Pemilu 2024 masih sekitar 1,5 tahun lagi.

“Posisi peringkat pertama masih cukup ketat antara PKB dan PDIP, semua masih memungkinkan. Namun untuk pakem lima besar ini, jaraknya cukup jauh dengan partai-partai di bawahnya,” tandasnya.

  • ELEKTABILITAS PARPOL DI JATIM

1. PKB: 16,8%
2. PDI Perjuangan: 16,1%
3. Gerindra: 15,4%
4. Golkar 10,2%
5. Demokrat: 9,7%
6. NasDem: 6,3%
7. PPP: 4,1%
8. PKS: 3,9%
9. PAN: 2,9%
10. Perindo: 2,3%
11. PSI: 1,5%
12. Gelora: 0,5%
Tak Menjawab/Tak Tahu: 10,3%

» Baca berita terkait Survei. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -