DPRD Surabaya Belum Terima Uji Kelayakan Jembatan Joyoboyo

TUNGGU UJI KELAYAKAN: Baktiono, Komisi C DPRD Surabaya belum terima uji kelayakan Jembatan Joyoboyo. | Foto: IST
TUNGGU UJI KELAYAKAN: Baktiono (inset), Komisi C DPRD Surabaya belum terima uji kelayakan Jembatan Joyoboyo. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sudah selesai 100 persen, tapi hingga kini proyek pembangunan Jembatan Joyoboyo tak kunjung difungsikan untuk kepentingan publik. Ada apa?

Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, Baktiono menuturkan, belum difungsikannya Jembatan Joyoboyo karena pihaknya belum menerima laporan terkait uji kelayakan jembatan tersebut untuk digunakan.

“Uji kelayakan ini sangat penting, karena menyangkut keamanan masyarakat saat Jembatan Joyoboyo sudah dibuka. Hasil uji kelayakan ini agar kita bisa memonitor, kekuatannya bertahan sampai berapa lama.” ujarnya, Rabu (14/4/2021).

Saat kondisi masih hujan seperti sekarang ini, lanjut Baktiono, merupakan waktu yang baik untuk melakukan uji kelayakan. Sebab, saat kondisi jalan basah, pasti ada arus air yang mengalir di bawah Jembatan Joyoboyo.

“Diuji dengan kendaraan berkapasitas berat 100 ton misalnya, bisa enggak jembatan tersebut bertahan lama,” kata politikus kawakan PDIP Surabaya tersebut.

“Apakah jembatan tersebut bergerak, dan bagaimana kondisi jembatan saat musim hujan. Berbeda uji kelayakan saat musik panas, ya tentu beban jembatannya lebih ringan,” sambungnya.

Karena, tandas Baktiono, Komisi C dalam pekan depan berencana menggelar hearing soal Jembatan Joyoboyo. “Karena pekan ini Komisi C masih konsen menyelesaikan laporan-laporan warga,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait DPRD Surabaya