Didesain Kang Emil, Dana Masjid Islamic Center Surabaya Rp 9 M!

TINJAU MASJID: Ridwan Kamil bersama Khofifah mengunjungi Masjid Islamic Center yang akan dibuat lebih megah. | Foto: IST
TINJAU MASJID: Ridwan Kamil bersama Khofifah mengunjungi Masjid Islamic Center yang akan dibuat lebih megah. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Masjid di kompleks Islamic Center Surabaya, bakal dibuat lebih megah dari yang ada sekarang. Tak tanggung-tanggung, desainnya bakal digarap arsitek andal yang juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu bahkan sudah melakukan survei lokasi ke Islamic Center di Jalan Raya Dukuh Kupang No 122-124, Sabtu (29/5/2021), didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Berapa anggaran yang disiapkan Pemprov Jatim? “Saya waktu sowan Pak Gubernur Jabar di Gedung Sate, itu saya bilang sementara alokasinya Rp 9 miliar. Tapi kan ndak tahu nanti dinamika arsitekturnya, desain, dan kemungkinan peruntukannya,” kata Khofifah.

Soal kapan anggaran mulai dibahas, menurut Khofifah, pokoknya begitu desain selesai bisa dibahas karena anggarannya ada di tahun ini.

Kang Emil menambahkan, “Nanti itu relasinya itu hibah. Jadi, kami secara formal menghibahkan aset namanya intelektual properti desain.”

Selebihnya Kang Emil menuturkan, area Islamic Center Surabaya cukup luas, sekitar 3,1 hektare. Dia juga sudah punya gambaran di sebelah mana masjid akan dibangun ulang setelah melihat tata ruang secara keseluruhan.

“Sehingga dari jalan (terlihat) bagus, megah, jadi kebanggaan Ibu Gubernur. Bisa memanggil orang-orang yang tadinya hanya lewat, terus melihat arsitekturnya insyaallah luar biasa ini, belok shalat dan terjadilah ibadah yang kita harapkan,” katanya.

Sisanya, lanjut Kang Emil, karena namanya Islamic Center maka tinggal dirumuskan dakwah Islam apalagi yang perlu dikembangkan.

Kang Emil juga menyatakan akan secepatnya menyelesaikan desain, di tengah kesibukannya sebagai gubernur Jabar. Dia berharap, arsitektur Masjid Islamic Center yang baru nanti akan tercatat menjadi sejarah yang baik.

“Dan harusnya Indonesia seperti ini ya, saling bantu, saling memberikan dorongan motivasi antardaerah,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim