Di LDII, Khofifah Ajak Ormas Islam Rekonstruksi Pemikiran

KEBANGSAAN: Khofifah di acara LDII Jatim. Bangun ukhuwah wathaniyah, insaniyah dan islamiyah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
JAGA KEBANGSAAN: Khofifah menghadiri acara silaturahim Syawal LDII Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengajak Ormas Islam untuk kembali memperkuat ukhuwah wathaniyah, insaniyah dan islamiyah pasca proses demokrasi Pemilu 2019.

“Kalau ada pikiran-pikiran yang sempat terurai, maka hari ini pikiran itu dicoba direkonstruksikan kembali,” katanya usai menghadiri Silaturrahim Syawal 1440 H DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jatim di Surabaya, Sabtu (22/6/2019).

“Direkostrusksi bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa dalam kontes ukhuwah wathaniyah, tapi juga harus dibangun dalam konteks ukhuwah insaniyah dan juga dalam konteks ukhuwah islamiyah,” sambungnya.

Apalagi tak sedikit kontribusi Ormas Islam untuk bangsa. Dia mencontohkan LDII yang kuat dalam bidang ketahanan keluarga (family resilience). Lalu Muhammadiyah banyak amaliyahnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Begitu pula Nahdlatul Ulama (NU) yang identik dengan pesantren.

“Tapi di antara irisan itu sebetulnya sama. Ingin bersama-sama memberikan kontribusi efektif bagaimana menyelamatkan warga bangsa,” kata Khofifah.

Pada posisi seperti ini, tandas Khofifah, kalau bersama-sama berseiring maka energi bangsa akan ter-charge embali, sehingga tetap memiliki semangat yang besar dalam mengemban amanat di posisi apapaun.

“Ada yang kebetulan secara formal menjadi seperti kami di pemerintahan. Ada yang religious leader seperti Pak Kiai Amien (Adhy, ketua DPW LDII Jatim), Pak Kiai Saad (ketua PW Muhammadiyah Jatim),” katanya.

Antara formal leader dan relegious leader, menurut Khofifah, ini sebuah kekuatan yang tidak boleh terkontaminasi oleh hal-hal yang akan mengganggu ukhuwah wathaniyah, insaniyah dan islamiyah.

“Hari ini kita diingatkan kembali oleh LDII. Kadang kalau tidak diingatkan bisa lupa, jadi forum-forum seperti ini kembali mengingatkan kita semua,” tandasnya.

Sementara Ketua DPW LDII Jatim, KH Amien Adhy menuturkan saat ini pihaknya tengah memfokuskan program pada delapan bidang. Yakni keagamaan, penguatan wawasan kebangsaan, ekonomi syariah, pendidikan, teknologi digital, kesehatan, energi terbarukan, dan pangan.

“Kedelapan prrogram tersebut merupakan kontribusi LDII Jatim untuk bangsa,” tegas Kiai Amien.

» Baca Berita Terkait Khofifah, LDII