Safari Politik di Mataraman, Khofifah-JKSN Dahului Prabowo

KONSOLIDASI JKSN: Khofifah diterima Gus Amik saat konsolidasi JKSN untuk wilayah Mataraman di Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Magetan, Selasa (30/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
KONSOLIDASI JKSN: Khofifah diterima Gus Amik saat konsolidasi JKSN Mataraman di Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Magetan, Selasa (30/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

MAGETAN, Barometerjatim.com – Khofifah Indar Parawansa selalu terdepan! Mendahului gerak lawan-lawan politiknya, termasuk dalam melakukan safari ke sejumlah pondok pesantren (Ponpes) untuk pemenangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin.

Selasa (30/10), misalnya. Khofifah bergerak cepat, mendahului Prabowo Subianto bersilaturahim ke dua Ponpes besar di Kabupaten Magetan, yakni Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Takeran dan Ponpes Al Fatah Temboro.

Sementara Prabowo baru akan berkunjung ke kedua Ponpes tersebut, Rabu (31/10) hari ini. Kehadiran kembali Capres nomor urut dua itu di Jatim juga untuk berziarah ke sejumlah makam tokoh besar. Salah satunya Gubernur Soerjo, gubernur pertama Jatim.

• Baca: Ketum JKSN: Barisan Mana yang Mau Digiring Gus Hasib

Tidak seperti biasanya yang berkendara mobil pribadi, safari politik Khofifah di wilayah Mataraman kali ini berkekuatan penuh, membawa satu bus rombongan pengurus pusat Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN).

Kehadiran Khofifah di PSM, selain silaturahim juga untuk konsolidasi pembentukan JKSN wilayah Mataraman yang akan dimotori Pengasuh PSM, KH Miratul Mukminin alias Gus Amik.

• Baca: Erick Thohir: Gerakan Tanpa Bola Khofifah Sangat Hebat

“Akan ada kristalisasi dari pelembagaan JKSN, terutama di eks Karesidenan Madiun (Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, serta Kabupaten Ponorogo),” tutur Khofifah yang menjadi dewan pengarah di JKSN.

Perempuan yang juga gubernur Jatim terpilih itu menegaskan, sudah saatnya para kiai, ibu nyai dan semuanya untuk membangun kembali konsolidasi pasca memenangkan Pilgub Jatim 2018. “Kalau di Pilgub nomor satu, maka di Pilpres juga nomor satu,” ucapnya.

Gerakan Masif JKSN

SAMBUTAN HANGAT: Santri putri Ponpes Al Fatah Temboro, Magetan, menyambut hangat kehadiran Khofifah, Selasa (30/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SAMBUTAN HANGAT: Santri putri Ponpes Al Fatah Temboro, Magetan, menyambut hangat kehadiran Khofifah, Selasa (30/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Sementara Ketua Umum JKSN, KH M Roziqi menambahkan, secara organisasi JKSN di wilayah Mataraman sudah ada, termasuk kepengurusan. Tinggal men-declare.

“Deklarasinya tunggu waktu, supaya nanti bisa berurutan di setiap kabupaten/kota di Mataraman ini mendklarasikan JKSN,” katanya.

Apalagi selain deklarasi di Indonesia, JKSN juga melangkah ke luar negeri, termasuk baru-baru ini melakukan deklarasi di Kuala Lumur, Malaysia.

• Baca: Tokoh Muda NU: Prabowo Orang Baik yang Salah Pergaulan

Bahkan Penasihat JKSN, KH Asep Saifuddin Chalim sudah bergerak di Maroko, Lebanon, Mesir hingga Brunai. “Bersama WNI dan mahasiswa di sana kompak memilih Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Gus Amik menjelaskan, selain Khofifah dan pengurus JKSN pusat, hari ini Prabowo juga akan berkunjung ke PSM. “Tidak masalah, namanya silaturahim. Pak Prabowo juga akan ke Temboro,” katanya.

• Baca: Gus Ipang: Saya Bingung Kalau Ada Orang Tak Pilih Jokowi

Dari PSM, kunjung Khofifah dan pengurus JKSN melanjutkan silaturahim ke Temboro. Begitu turun dari bus, mantan Menteri Sosial itu langsung dikerubuti santri putri yang semaunya bercadar. Sejenak terhenti untuk bersalaman, Khofifah lantas dipersilakan masuk ke asrama putri.

Sementara rombongan laki-laki, termasuk Bupati Trenggalek yang juga Wakil Gubernur Jatim terpilih Emil Elestianto Dardak, diterima pengasuh di Ponpes sentra Jama’ah Tablig tersebut, KH Ubaidillah Ahror alias Gus Ubaid.

» Baca Berita Terkait: Khofifah, JKSN, Prabowo, Pilpres 2019