Daftarkan 115 Bacaleg, PKS Incar 14 Kursi DPRD Jatim

DIPENUHI GENERASI MILENIAL: Pengurus DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Jatim Selasa (17/7). | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG
DIPENUHI GENERASI MILENIAL: Pengurus DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Jatim Selasa (17/7). | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan 115 Bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Selasa (17/7). Dari jumlah tersebut, sebagian dipenuhi anak-anak muda berusia antara 21-30 tahun alias generasi milenial.

Salah satu tokoh muda yang digadang-gadang PKS melenggang ke gedung dewan yakni Sekretaris Umum Gema Keadilan (organ sayap PKS) Jatim, Yudha Permana Putra.

“PKS sangat akomodatif terhadap generasi milenial. Mulai kegiatan partai hingga penjaringan Caleg, selalu melibatkan anak muda seperti kami,” kata Yudha di sela pendaftaran Bacaleg PKS.

• Baca: 120 Bacaleg Demokrat Dijubeli Muslimat NU dan Eks Birokrat

Target kami, lanjut Yudha, anak muda bisa menguasai legislatif. “Anak muda harus bisa berkiprah di parlemen, sebab yang tahu aspirasi anak muda ya kita sendiri,” tegasnya.

Sementara Ketua Umum DPW PKS Jatim, Arif HS menuturkan, di Pileg 2019 partainya memasang target sesuai hasil Munas.

“Kita targetkan 12 persen kursi, atau di DPRD Jatim setara dengan 14 kursi (saat ini PKS memiiki 6 kursi di DPRD Jatim). Kami optimis di tiap Dapil (dari total 14 Dapil) PKS akan mendapatkan kursi,” ucap Arif.

• Baca: Usung 42,5% Caleg Perempuan, Golkar Berharap Khofifah Effect

Sedangkan untuk pemenuhan kuota perempuan 40,87 persen, Sekretaris Umum DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan mengatakan, selain memenuhi 115 Bacalegnya dari kelompok anak muda juga ada sekitar 40 persen Bacaleg perempuan yang didaftarkan hari ini.

Menurut Irwan, kuota 40 persen ini sesuai amanat undang-undang (UU). Bahkan, katanya, di Dapil Jatim VII, VIII, XI dan XII, Bacaleg perempuan PKS mencapai 50-57 persen.

“40,87 persen perempuan, atau sebanyak 47 orang. Jadi sudah melebihi 30 persen kuota perempuan,” ungkap Irwan.

• Baca: Usung 120 Bacaleg, Nasdem Target 14 Kursi di DPRD Jatim

Dari 115 Bacaleg PKS yang didaftarkan hari ini, lanjut Irwan, berasal dari berbagai macam latar belakang. Mulai mantan birokrat, kepala desa, guru, dokter, pengacara, pengusaha, social entrepeneur, seniman, pegiat koperasi hingga aktivis kepemudaan.

“Ada pula beberapa anggota DPRD Jatim seperti Suhartono, Artono dan saya sendiri yang dicalonkan kembali,” tegas Irwan yang ketua Fraksi PKS DPRD Jatim tersebut.