Corona di Surabaya Jadi Atensi Dunia, TETO Gelontor Masker

TETO UNTUK SURABAYA: Benson Lin menyalurkan bantuan masker lewat Gus Hans. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TETO UNTUK SURABAYA: Benson Lin menyalurkan bantuan masker lewat Gus Hans. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Problem 70 persen warga di Jatim tak bermasker — terutama di Surabaya — menjadi perhatian dunia. Tak terkecuali para ekspatriat yang tengah menjalankan tugas kenegaraan di kota yang dipimpin Tri Rismaharini alias Risma itu.

Apalagi penutup hidung dan mulut tersebut, bisa mencegah penularan Covid-19 hingga 60 persen. Alat pelindung diri yang sangat penting di tengah wabah Corona di Surabaya yang semakin parah. Hari ini saja, ada kenaikan 210 angka positif atau total menjadi 5.815 kasus.

Salah satu negara yang perhatian terhadap kondisi masyarakat Kota Pahlawan yakni Taiwan. Lewat Taipei Economy and Trade Office (TETO) di Surabaya, mereka menggelontorkan bantuan tahap pertama sebanyak 2.000 masker.

TETO mempercayakan penyaluran bantuan lewat tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans. Secara simbolis, penyerahakan dilakukan Director General TETO Surabaya, Benson Lin di kantornya, Jalan Indragiri, Darmo, Selasa (30/6/2020).

“Saya mendapat amanah dari TETO, pemerintah Taiwan, untuk membagikan beberapa masker ke masyarakat Surabaya. Ini bentuk perhatian TETO untuk masyarakat Surabaya,” kata Gus Hans.

Bukan tanpa alasan Benson mempercayai Gus Hans, mengingat selama ini keduanya bersahabat baik. Dalam sejumlah acara yang digelar TETO, Gus Hans juga kerap diundang dan diberi kesempatan berpidato.

“Dia merasa sahabat baik dengan saya, dia mengamanahi saya membagikan masker ini untuk masyarakat di Surabaya yang memang sekarang kondisinya masih merah,” ucapnya.

“Untuk tahap pertama ini baru saya ambil 2.000. Nanti minta berapa pun dia akan kasih. Dia menganggap insyaallah saya bisa menjaga amanah itu,” sambungnya.

Sementara Benson menyampaikan keprihatinannya dengan kondisi Corona di Surabaya. Walaupun secara kenegaraan belum memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia, Taiwan tetap akan support.

Secara kemanusiaan, Taiwan sangat perhatian dengan kondisi di Surabaya maupun masyarakat di Jatim secara keseluruhan.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona