‘Bobol’ Basis Gus Ipul, Emil Didukung Kiai dan Ribuan Santri

DISAMBUT RIBUAN SANTRI: Kehadiran Emil Dardak di Ponpes Roudlatun Nursalim Pasuruan disambut dukungan kiai dan ribuan santri. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DISAMBUT RIBUAN SANTRI: Kehadiran Emil Dardak di Ponpes Roudlatun Nursalim Pasuruan disambut dukungan kiai dan ribuan santri. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

PASURUAN, Barometerjatim.com – Setelah menyisir salah satu basis Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Sidoarjo, Minggu (27/5) hari ini Emil Elestianto Dardak ‘membobol’ basis rivalnya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Kabupaten Pasuruan.

Sama dengan di Sidoarjo, kehadiran Emil di kabupaten yang dipimpin Bupati Irsyad Yusuf — adik kandung Gus Ipul — tersebut juga disambut antusias warga, terutama dari kalangan kiai, santri dan generasi milenial.

Titik kunjungan dipusatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlatun Nursalim, Podokaton, Gondangwetan. Tiba di lokasi acara, Emil yang ditemani istrinya, Arumi Bachsin langsung menjadi ‘magnet’ ribuan jamaah yang telah lama menantinya.

• Baca: Tunjang Iklim Industri, Emil Siapkan Dua ‘Jurus’ untuk Buruh

Mereka tak henti-hentinya meneriakkan nama Emil dan Arumi. Suara histeris, saling bersahutan menyapa dan memuji pasangan millenial tersebut. Sebagian lagi berebut ingin bersalaman plus berselfie ria.

“Duh kok genteng sekali Pak Emil, Mbak Arumi sangat cantik,” kata salah seorang jamaah yang ikut berjubel untuk foto bersama.

Pihak keamanan pun terlihat kewalahan dan harus dibantu panitia untuk memastikan Emil dan Arumi bisa naik panggung. Tapi begitu sampai di atas panggung, giliran sejumlah panitia yang berebut berswa foto.

• Baca: Sahur Bersama di Basis PKB, Emil Disambut Meriah Warga

Didapuk memberikan sambutan, Emil menyampaikan rasa terima kasihnya kepada ribuan jamaah yang solid dan tak terbendung dalam mendukung pasangan nomor urut satu.

“Saya tadi pagi dari Ponorogo, Ngawi dan Magetan, kemudian langsung ke Pasuruan untuk dapat menemuin ibu dan bapak semuanya,” kata Emil.

Insyallah kita unggul hari ini, namun keunggulan ini harus kita pertahankan dan tingkatkan hingga hari pencoblosan,” tambahnya yang disambut gemuruh ribuan hadirin.

Bagi Emil, dukungan ini diharapkan menambah pundi-pundi suara untuk kemenangan Khofifah-Emil di Pasuruan.

Emil Sosok Cerdas

TAWADHU SANTRI: Emil Dardak mencium tangan KH Halim Djasim, wujud tawadhu bukti santri kepada kiai. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
TAWADHU SANTRI: Emil Dardak mencium tangan KH Halim Djasim, wujud tawadhu bukti santri kepada kiai. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Sementara pengasuh Ponpes Roudlatun Nursalim, KH Halim Djasim menuturkan dirinya memilih pasangan nomor urut satu karena Emil dinilai sosok cerdas yang tepat mendampingi Cagub Khofifah.

Sekain itu, Kiai Halim menyebut program yang ditawarkan Khofifah-Emil lewat Nawa Bhati Satya sangat ‘membumi’, pas dengan kebutuhan masyarakat Jatim.

• Baca: Emil Siapkan Koperasi dan Perumahan untuk Buruh Migran

“Dalam Nawa Bhakti Satya, Khofifah-Emil memiliki program khusus untuk hafidz-hafidzah. Program ini akan sangat bermanfaat untuk pesantren di Jawa Timur,” tegasnya.