Bayu Airlangga Dinilai Masih Baru, Kiprahnya Belum Menonjol!

Imam Sunardhi, dorang Gus Hans maju di Pilwali Surabaya 2020. | Foto: Barometerjatim.com/abdillah hr
Imam Sunardhi, dorang Gus Hans maju di Pilwali Surabaya 2020. | Foto: Barometerjatim.com/abdillah hr

SURABAYA, Barometerjatim.com – KH Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans bukan satu-satunya kandidat wali kota dari kalangan milenial di Pilwali Surabaya 2020. Nama lain yang masuk bursa dan lumayan terlihat yakni Bayu Airlangga, menantu Gubernur Jatim, Soekarwo.

Meski demikian, mantan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Imam Sunardhi tetap mendukung Gus Hans, andai mantan partinya tersebut benar mengusung Bayu. Apa alasan Sunardi?

“Pakde Karwo sebentar lagi lengser dan Mas Bayu masih baru. Belum banyak dikenal di Surabaya, apalagi kiprahnya belum menonjol,” katanya pada Barometerjatim.com di Surabaya, Jumat (8/2/2019).

Demi mendukung Gus Hans, Sunardhi bahkan siap berhadapan dengan Demokrat di Pilwali Surabaya. Lagi pula, mantan ketua DPRD Jatim itu melihat kekuatan Demokrat mulai menurun, tak sehebat saat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden RI.

“Iya, saya akan berhadapan dengan mantan partai yang saya dirikan (di Jatim). Tapi situasinya sekarang, maaf, Demokrat agak melorot. Popularitasnya agak menurun dan yang menonjol PDIP,” katanya.

Apakah itu artinya Demokrat bukan kekuatan besar di Pilwali Surabaya 2020? “Memang bukan, sekaligus sekarang saya sudah menarik diri dari Demokrat, mohon maaf. Saya melihat yang menonjol itu tiga partai, yakni PDIP, PKB dan Golkar,” ucapnya.

Karena itu, Sunardhi menyarankan agar Gus Hans menggandeng PDIP. “Kuat sekali PDIP di Surabaya, jika memungkinkan digandeng. PDIP bisa saja jadi teman (koalisi), tapi kalau tidak ya jadi saingan,” katanya.

Cocok Penerus Risma

Sebelumnya, Sunardhi mendorong Gus Hans agar maju di Pilwali Surabaya 2020. Kiai muda pengasuh Pondok Pesantern (Ponpes) Queen Al Azhar Darul Ulum, Jombang itu dinilai sosok yang paling tepat untuk memimpin Surabaya pasca Tri Rismaharini.

“Saya setuju dan sangat mendukung Gus Hans. Beliau salah satu tokoh yang menonjol dari kalangan milenial dan pekerja keras,” kata mantan anggota TNI AL tersebut.

“Apa yang dirintis Bu Risma kemarin sudah bagus sekali, dan itu bisa teruskan tokoh muda yang pandangannya jauh ke depan. Gus Hans punya kapasitas dan layak meneruskan kepemimpinan Bu Risma,” sambungnya.•

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya, Gus Hans