Bangkit dari Pandemi, Daily Wash Tambah Outlet di Surabaya

BISNIS LAUNDRY: Herlambang Prayatno, usai grand opening The Daily Wash Laundromart Menganti. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BISNIS LAUNDRY: Herlambang Prayatno, usai grand opening The Daily Wash Laundromart Menganti. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020, banyak usaha yang mengalami mati suri bahkan gulung tikar. Namun tidak dengan usaha laundry berbasis self service yang dikembangkan The Daily Wash Laundromart.

Daily Wash tidak hanya bertahan tapi juga berkembang pesat. Terbukti, di awal April ini kembali membuka outlet di Surabaya, tepatnya di Jalan Menganti Raya 10, Lidah Wetan.

“Hari ini kita membuka outlet ke-114 di seluruh Indonesia dan outlet ke-6 di Surabaya ini,” kata Chief Executive Officer (CEO) The Daily Wash Laundromart, Herlambang Prayatno saat grand opening, Sabtu (3/4/2021).

Sebelumnya, di Surabaya, Daily Wash sudah membuka lima outlet yakni di kawasan Siwalankerto, Ketintang, Keputih, Manukan Tama, dan Pacuan Kuda.

“Besok kita di Ploso. Nah, Ploso ini relokasi dari Siwalankerto. Kita tahu, sekarang kampus masih online, jadi sementara ini mesin-mesin yang ada di Siwalankerto kita pindah ke Ploso. Nanti setelah normal, kita buka lagi di Siwalankerto,” paparnya.

Berapa target oulet di Surabaya? “Target di Surabaya bisa 20 cabang. Di Jatim baru delapan, Surabaya 6, Malang 2. Kita terbanyak cabang itu ada di Kota Medan, 29 cabang,” kata Herlambang.

“Kenapa Medan bisa berkembang cepat ketimbang Surabaya, karena harga sewanya murah di sana, satu ruko Rp 20 juta-30 juta setahun. Di Surabaya harga sewanya termasuk tinggi, karena kita cari sewa yang Rp 50 juta ke bawah,” sambungnya.

Terkait pembukaan outlet di kawasan Menganti ini, menurut Herlambang, hal itu sesuai dengan target market Daily Wash yakni untuk kalangan menengah ke bawah. Apalagi kawasan ini dipandangnya cukup padat penduduk dan ramai.

“Jadi sebelum membuka outlet, kita lihat dari tiga hal. Dari traffic, kepadatan, dan kawasannya, seperti itu,” ucapnya.

Herlambang optimis Daily Wash yang berdiri sejak 2007 tersebut akan diminati warga Menganti, lantaran kehadirannya berbeda dengan laundry lainnya.

“Kita muncul di sini dengan tiga hal. Satu, lebih higienis karena customer sendiri yang memasukkan bajunya. Konsep kita adalah self service. Kedua lebih murah, dan yang ketiga lebih cepat, satu setengah jam selesai,” paparnya.

Laundry Bisnis Menjanjikan

BERTAHAN: Herlambang Prayatno, laundry bisnis yang bertahan dan berkembang di masa pandemi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BERTAHAN: Herlambang Prayatno, laundry bisnis yang bertahan dan berkembang di masa pandemi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Herlambang menambahkan, laundry merupakan bisnis yang bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19 karena masyarakat menjadi lebih peduli dengan kebersihan.

Meski di tiga bulan awal masa pandemi, omset Daily Wash disebut Herlambang sempat terjun bebas. “Ada yang 30 persen, 50 persen, bahkan ada yang 70 persen terutama dekat kampus,” katanya.

Namun memasuki puasa Ramadhan dan lebaran, Mei 2020 lalu, Daily Wash mulai bangkit lagi kendati masih jauh jika dibanding dengan lebaran 2019.

“Jauh, kalau sebelumnya ramai sekali, terutama saat pembantu pulang kampung. Kalau lebaran kemarin, biasa. Jadi April-Mei saya enggak buka outlet, saya juga diam,” katanya.

Daily Wash, lanjut Herlambang, mulai buka lagi di Juli 2020. “Dari Juli 2020 sampai April 2021 ini, saya sudah buka 27 cabang dan kebanyakan outlet omzetnya sudah normal kecuali yang dekat kampus,” jelasnya.

Sementara itu Manajer The Daily Wash Laundromat Menganti, Christopher D Nugroho menuturkan dirinya berani membuka bisnis laundry di tengah pandemi karena termotivasi dari motivator ternama, Tung Desem Waringin.

“Saya ingat seminarnya Pak Tung Desem Waringin. Melihat peluang selama pandemi banyak bisnis yang turun, tapi kok Pak Tung bilang bisnisnya terus naik, terus meningkat. Akhirnya saya berani mencoba untuk masuk ke bisnis ini,” ucapnya.

CUCI SENDIRI: The Daily Wash Laundromart lebih higienis, lebih murah, dan lebih cepat. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
CUCI SENDIRI: The Daily Wash Laundromart lebih higienis, lebih murah, dan lebih cepat. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait Ekonomi Bisnis