Anak Fadeli Ketua DPRD Lamongan, Kahar ‘Menghilang’

 TANPA KAHARUDDIN: Konferensi pers terkait pergantian ketua DPRD Lamongan tanpa dihadiri Kaharuddin (inset). Sakit hatikah Kahar? | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
TANPA KAHARUDDIN: Konferensi pers terkait pergantian ketua DPRD Lamongan tanpa dihadiri Kaharuddin (inset). Sakit hatikah Kahar? | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Partai Demokrat telah menunjuk anak Bupati Fadeli, Debby Kurniawan sebagai ketua DPRD Kabupaten Lamongan di sisa periode 2014-2019 lewat konferensi pers yang digelar DPC Partai Demokrat Lamongan, Jumat (25/5) malam.

Namun konferensi pers tersebut menyisakan tanda tanya karena tidak dihadiri Kaharuddin yang akan digantikan Debby. Sakit hatikah Kahar — sapaan Kaharuddin — karena ‘ditendang’ di sisa 1,5 tahun jabatannya memimpin legislatif?

“Pak Kaharuddin tadi sudah kita undang, tapi ternyata ada kepentingan lain yang tidak bisa ditinggalkan,” kata Debby yang juga ketua DPC Partai Demokrat Lamongan.

• Baca: Rotasi Ketua DPRD, Akhirnya Demokrat Lamongan Buka Suara

Debby juga mengatakan pergantian ketua DPRD Lamongan dari Kaharuddin ke dirinya merupakan amanat partai, sesuai keputusan DPP Partai Demokrat.

“Tidak ada persoalan di internal partai. Kita enggak ada masalah, sampai saat ini juga komunikasi terjalin baik,” katanya.

Debby menambahkan, pergantian atau rotasi di internal partai adalah kegiatan penyegaran perangkat partai yang rutin dilakukan Demokrat. Sementara Kahar belum bisa dikonfirmasi. Sejak desas-desus ini menyeruak, dua nomor telepon yang biasanya dihubungi wartawan mendadak tidak aktif.

• Baca: Desas-desus Rotasi Ketua DPRD, Demokrat Lamongan ‘Bungkam’

Selain itu, tambah Debby, rotasi juga bagian dari strategi partai untuk menghadapi Pemilu (Pileg dan Pilpres) 2019. “Ini bagian dari strategi partai. Jadi tidak ada alasan spesifik atas rotasi ketua DPRD Lamongan,” tandasnya.

Sebelumnya, hal sama ditegaskan Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio. Menurutnya, pergantian Kaharuddin normal-normal saja karena setiap partai juga punya strategi. Misalnya pergantian pimpinan komisi, ketua fraksi maupun pimpinan dewan.

• Baca: Renville Benarkan soal Pergantian Ketua DPRD Lamongan

“Bahkan saat pencalegkan nanti kami sudah ada strateginya, siapa yang di DPR RI, provinsi maupun kabupaten. Ini strategi partai saja dan yang jelas kami mengikuti semua prosedur dan peraturan perundang-undangan,” tandasnya.

Politikus yang juga Sekretaris Tim Kampanye Khofifah-Emil tersebut juga berharap, setelah menjadi ketua DPRD Lamongan, Debby bisa lebih optimal dalam menjaga dan mengamankan pasangan Khofifah-Emil dari hal-hal yang tak diinginkan.

“Beliau ini (Debby) ketua DPC Partai Demokrat sekaligus ketua tim kampanye Khofifah-Emil di Lamongan, selain tentu untuk kepentingan Pemilu dan Pilpres,” tandas Renville.