Aksi Simpatik Bonek! Hujani GBT dengan Puluhan Ribu Boneka

Aksi simpatik! Puluhan ribu boneka dilepar Bonek dari tribun penonton. | Foto: Barometerjatim.com/dani iqbaal
Aksi simpatik! Puluhan ribu boneka dilepar Bonek dari tribun penonton. | Foto: Barometerjatim.com/dani iqbaal

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sepak bola tak hanya soal menang kalah, selebrasi pemain dan tim, atau jumlah gol yang diceploskan ke gawang lawan. Lebih dari, ada nilai kemanusiaan!

Hal itu dipertontonkan Bonek — sebutan suporter Persebaya — saat mendukung tim kesayanganya mengalahkan PS Tira Persikabo 3-1 pada laga Piala Presiden di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (29/3/2019).

Tepat jeda babak kedua, 43 ribu Bonek melakukan aksi simpatik dengan melemparkan puluhan ribu boneka ke lapangan dari atas tribun. Boneka itu untuk disumbangkan ke anak-anak penderita kanker.

Aksi Bonek itu sekaligus tercatat sebagai aksi simpatik pertama di Indonesia oleh suporter sepak bola. Luar biasa, dari Bonek untuk nilai kemanusiaan lewat sepak bola!

Seperti yang dilakukan Cak Jon, Bonek asal Gresik yang sengaja membawa boneka dari rumah ke stadion. Menurutnya, aksi ini sangat baik dan bermanfaat karena disumbangkan untuk para penderita kanker.

“Ini sangat positif. Semoga puluhan ribu boneka tersebut bisa membuat para penyandang kanker terhibur dan bermanfaat. Ini bentuk kepedulian kami, rasa kemanusiaan kami, suporter Persebaya,” ucapnya.

20 Ribu Boneka

Tak hanya Bonek. Ketua Panpel Persebaya, Whisnu Sakti Buana juga mengaku terharu saat ikut dalam aksi lempar boneka. Dia pun tak bisa menyembunyikan rasa bangganya atas kepedulian Bonek.

”Ini menunjukkan ke semua publik sepak bola Tanah Air kalau Bonek sekarang sudah berubah. Kita belum sepenuhnya baik, namun akan terus berjuang untuk menjadi lebih baik,” kata Whisnu.

Sebanyak 20 ribu ribu boneka — setelah didata — yang ada di sentelban lantas dikumpulkan perwakilan Bonek dan petugas Panpel. ”Luar biasa, semoga ini bisa ditiru di stadion-stadion lain di Tanah Air,” tandas Whisnu.•

» Baca Berita Terkait Persebaya, Piala Presiden