Ada Katon Bagaskara, Dari Mana Anggaran Pesta Ultah Khofifah?

BANTAH HABIS: Heru Tjahjono habis-habisan membantah. Inset: Capture video pesta ultah Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BANTAH HABIS: Heru Tjahjono habis-habisan membantah. Inset: Capture video pesta ultah Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak hanya disorot karena berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19. Dalam video dan foto-foto yang beredar di media sosial, pesta ulang tahun (ultah) ke-56 Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa juga dihadiri artis ibu kota, Katon Bagaskara.

Lantas, dari mana anggaran pesta ultah Khofifah yang berlangsung di halaman rumah dinasnya, kompleks Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (19/5/2021) malam tersebut?

“Tidak ada artis ibu kota, itu teman saya. Katon itu teman saya. Band-nya, koncoku. Band-nya itu, Jawa Band, yang biasa dipakai latihan teman-teman OPD nyanyi, bukan datangkan band,” kata Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jumat (21/5/2021).

Jadi dari mana anggaran pesta ultah Khofifah? “Enggak ada anggaran, wong enggak ada pesta. Itu makanan biasa seperti hari-hari,” tandas Heru. Ataukah ada iuran dari para OPD? “Enggak ada iuran,” sergahnya.

Mantan bupati Tulungangung dua periode tersebut juga menjelaskan, kalau acara yang disiapkan untuk atasannya bersifat dadakan, sebatas surprise dari para kepala OPD dan staf Grahadi.

OPD pun, tandas Heru, tidak semuanya hadir, karena beberapa di antaranya ada yang sedang kunjungan kerja. Total 30 OPD yang hadir di acara tersebut.

“Ditambah yang ngeladeni (staf Grahadi) sekitar 20, total 50 orang dan di Grahadi (halaman rumah dinas gubernur) itu kapasitasnya 2.000 orang,” paparnya.

Menurut Heru, Khofifah tidak tahu menahu soal acara tersebut. Dia dan para OPD, sekali lagi, hanya ingin memberi surprise terhadap atasannya yang disebutnya selalu memperhatikan bawahan.

“Karena itu, Ibu Gubernur tidak tahu hal ini. Kita lakukan dengan jumlah terbatas dan semuanya sudah di-swab secara rutin. Kami, OPD, dan seluruh staf yang ada di OPD di-swab rutin,” ucapnya.

Khofifah, lanjut Heru, bahkan baru hadir sekitar pukul 20.15 WIB dari acara yang disiapkan sejak pukul 19.00 WIB. “Artinya apa? Ibu juga enggak mau sebetulnya, tidak mau acara seperti ini, tapi ini suprise dari staf kepada gubernur,” katanya.

» Baca Berita Terkait Gaduh Ultah Khofifah