9,5 Jam Jelang Debat, Khofifah Ziarah ke Makam Sunan Ampel

ZIARAH: Cagub Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah ke makam Sunan Ampel, Selasa (10/4) sebelum melakoni debat publik. | Foto: Barometerjatim.com/ENEF MADURY
ZIARAH: Cagub Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah ke makam Sunan Ampel, Selasa (10/4) sebelum melakoni debat publik. | Foto: Barometerjatim.com/ENEF MADURY

SURABAYA, Barometerjatim.com – Inilah yang dilakukan Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa sebelum melakoni debat publik perdana di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rachmat, Surabaya, Selasa (10/4) malam nanti pukul 19.30 WIB.

9,5 jam sebelum “adu gagasan dan program” kontra Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, mantan Menteri Sosial itu melakukan ziarah ke makam waliyullah Sunan Ampel di Jalan Pertukangan I, Kecamatan Semampir, Surabaya.

Mengenakan busana muslimah serba putih, Khofifah bersama tim pemenangan dan relawan tiba di kompleks pemakaman Sunan Ampel pukul 10.00 WIB. Sekitar satu jam Khofifah berdoa di dekat makam salah satu penyebar agama Islam di Tanah Jawa atau yang dikenal dengan sebutan Wali Songo itu.

• Baca: Jelang Debat! Khofifah Biasa Saja, Tetap Blusukan ke Pasar

Sekeluar dari area utama makam, puluhan warga dan peziarah langsung mendekat dan menyalami Khofifah. Tak sedikit yang meminta foto bersama. “Semoga berkah Bu Khofifah!” kata salah seorang peziarah perempuan.

Bagi Khofifah, ziarah ke makam waliyullah dan ulama saleh bukan hanya dilakukan menjelang debat, tapi memang sudah tradisi yang dilakukannya sejak lama. Tradisi itu didapatkannya dari kebiasaan para ulama pendahulu Nahdlatul Ulama (NU), di antaranya almagfurlah KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Saat SMP, setiap Kamis sore sepulang sekolah biasanya saya ke Sunan Ampel terus bermalam di sini sampai besok subuhnya, karena sekolah saya dulu liburnya hari Jumat. Tradisi ziarah ke Sunan Ampel ini sejak saya SMP,” katanya.

• Baca: Air PDAM Sering Macet, Warga Risma Malah Curhat ke Khofifah

Khofifah menambahkan, “Jadi sebetulnya, proses yang terbangun secara ruhaniah antara saya pribadi dengan kiai dan tradisi yang dilakukan oleh komunitas ziarah ke Sunan Ampel itu semacam kebutuhan spiritual.”

Apakah ziarah ke Makam Sunan Ampel ini untuk penguatan diri jelang menghadapi debat publik malam nanti? Ketua Umum PP Muslimat NU itu tidak mengiyakan atau membantah, “Saya rasa sebaiknya selalu menyeiringkan semua ikhtiar kita dengan bermunajat kepada Allah,” katanya diplomatis.

Khofifah juga mengaku tidak melakukan persiapan khusus menghadapi debat publik. Begitu pula soal materi yang akan disampaikannya. “Biasa saja, biasa saja, tidak ada persiapan khusus,” tandas anak ideologi Gus Dur tersebut.