Air PDAM Sering Macet, Warga Risma Malah Curhat ke Khofifah

EKSPRESI BAHAGIA: Pedagang di Padar Benowo ini menunjukkan ekspresi bahagia menyambut kehadiran Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Pasar Benowo Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
EKSPRESI BAHAGIA: Pedagang di Padar Benowo ini menunjukkan ekspresi bahagia menyambut kehadiran Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Senin (2/4). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Label Kota Metropolis tak berarti Surabaya aman dari suplai air bersih. Nyatanya, warga di kawasan Surabaya barat masih sangat bergantung pada air sumur untuk keperluan sehari-hari. Mulai memasak hingga mandi.

Kalaupun saluran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) masuk di wilayah ini, ternyata kondisinya tidak sesuai harapan karena masih sering macet. Ironis, memang! Terlebih selama ini Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) sering mengklaim memiliki pelayanan publik nan prima.

Nah, di saat mengalami kesulitan air bersih akibat aliran air dari PDAM Surabaya sering macet, masyarakat Kecamatan Benowo justru memilih curhat ke Cagub Jatim nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa yang turut mendukung Risma saat maju kembali di Pilwali Surabaya 2015.

• Baca: Kampanye Akbar Khofifah-Emil di Jombang Bertabur Bintang

“Tiap bulan ini saya bayarnya lancar, tapi airnya (PDAM) malah macet. Selain itu masih ada daerah yang belum dimasuki PDAM. Kalau bisa di depan Pasar Benowo ini bisa dialiri air PDAM, karena ini kebutuhan penting masyarakat,” kata Habib salah seorang warga kepada Khofifah saat blusukan di Pasar Benowo, Senin (2/4).

Khofifah pun terlihat serius mendengarkan keluhan yang diterima. Tak hanya Habib, tapi semua warga yang sedang beraktivitas di pasar. Menurutnya, apa yang dilakukan merupakan salah satu bentuk navigasi program. “Ibaratnya kita itu mengayuh, masih banyak pulau yang kita bisa lampaui,” katanya.

Mantan Menteri Sosial itu menuturkan, setiap memulai kampanye dimanapun selalu mengawalinya dengan blusukan ke pasar tradisional. Selain merupakan salah satu penyangga perekonomian daerah, di tempat ini dia mendapat banyak doa dari mengunjungi pasar.

• Baca: Tangis Haru Warnai Pertemuan Dua Khofifah Indar Parawansa

“Karena setiap ke pasar saya mendapatkan doa yang tulus. Saya mendapatkan motivasi, mendapatkan semangat yang luar biasa,” ucapnya. Khofifah pun hanya tersenyum ketika seorang pengunjung pasar tak sabar melihat ketua umum PP Muslimat NU itu menjadi gubernur Jatim. “Bu gek ndang menang,” katanya.

Seperti biasa, hampir semua lorong pasar didatangi Khofifah. Dengan senyum ramah, dia menyapa setiap pedagang sembari memohon doa restu agar memenangi Pilgub Jatim 2018, 27 Juni nanti.