11 Kampus Belanda Jaring Calon Mahasiswa di Surabaya, Minat?

JARING MAHASISWA: Pameran pendidikan Dutch Placement Day di Surabaya untuk jaring mahasiswa. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
JARING MAHASISWA: Pameran Dutch Placement Day di Surabaya untuk jaring mahasiswa. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – 11 institusi pendidikan tinggi Belanda datang ke Surabaya. Kehadiran mereka untuk mengikuti pameran pendidikan Dutch Placement Day (DPD) yang digelar Nuffic Neso Indonesia di Hotel Four Points, Selasa (29/10/2019).

“Mereka datang ke Surabaya, karena melihat besarnya potensi masyarakat baik dari segi minat maupun kemampuan untuk sekolah di luar negeri,” ujar Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl.

Antusias masyarakat Surabaya terhadap informasi pendidikan di luar negeri, khususnya di Belanda, lanjut Peter, bisa dilihat dari jumlah pendaftar online sampai dengan kemarin sudah lebih dari 700 orang.

“Mereka terdiri dari pelajar/lulusan SMA, mahasiswa perguruan tinggi, karyawan, orang tua murid, maupun praktisi akademis,” terangnya.

Nah, melalui pamera DPD 2019, diharapkan dapat meningkatnya kesadaran para pelajar untuk membekali dirinya dengan pengetahuan dan kemampuan dengan baik untuk dapat bersaing di era globalisasi.

Di acara DPD, ucap Peter, pengunjung dapat berkonsultasi langsung dengan delegasi dari universitas Belanda.

Lalu mengikuti presentasi yang diberikan oleh universitas dan lembaga pengelola beasiswa, berpartisipasi dalam seminar menulis motivation statement, atau seminar pendidikan untuk guru dan orang tua serta mengikuti test simulasi IELTS.

Lantas, apa saja yang ditawarkan Belanda untuk calon mahasiswa Indonesia, khususnya Surabaya?

Menurut Peter, Belanda menawarkan pengalaman yang lengkap bagi pelajar Indonesia. Tidak hanya datang untuk melihat bunga tulip atau kincir angin saja, tetapi wawasan mengenai Eropa akan terbuka secara otomatis ketika melanjutkan studi di Belanda.

“Jarak tempuh dalam hitungan jam ke belahan negara Eropa lainnya seperti Paris, London, Berlin, Praha, Barcelona, atau Roma menjadikan nilai tambah saat memutuskan studi di Belanda,” papar Peter.

Motivation Statement

UNTUK SURABAYA: Peter van Tuijl, tawarkan pameran yang lengkap untuk pelajar Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
UNTUK SURABAYA: Peter van Tuijl, gelar pameran yang lengkap untuk pelajar Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Selain kemampuan akademik, motivasi yang tepat juga perlu dipertimbangkan dalam melanjutkan studi.Karena itu, lewat DPD 2019 ini, Nuffic Neso Indonesia juga mengundang orang tua, guru dan juga para siswa untuk mengikuti seminar dengan tema Higher Order Thinking Skills.

“Diharapkan, setelah mengikuti seminar ini para peserta dapat membantu siswa dalam mengeksplorasi kemampuan diri, serta berpikir kritis dalam menentukan tujuan studi setelah lulus dari SMA,” ujarnya.

Tak hanya sampai pada mengetahui motivasi diri untuk mewujudkan impian studi di luar negeri. Motivasi yang tepat juga harus dapat dituangkan dalam tulisan yang menarik bagi universitas tujuan kita yang membacanya.

Motivation statement adalah salah satu persyaratan, yang menentukan berhasil atau tidaknya kita meyakinkan pihak universitas bahwa kita kandidat yang bernilai,” kata Peter.

“Terlebih lagi, program beasiswa juga mensyaratkan adanya penulisan essay yang mencerminkan kemampuan dan motivasi kandidatnya,” imbuhnya.

» Baca Berita Terkait Pendidikan