Ulang Kemenangan Jokowi! JKSN Deklarasi di Hong Kong

JKSN HONG KONG: Buruh Migran Indonesia di Hong Kong dan Macau menggelar deklarasi JKSN untuk pemenangan JOkowi-Ma'ruf Amin, Minggu (25/11). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
JKSN HONG KONG: Buruh Migran Indonesia di Hong Kong dan Macau menggelar deklarasi JKSN untuk pemenangan JOkowi-Ma’ruf Amin, Minggu (25/11). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

HONG KONG, Barometerjatim.com – Malaysia selesai! Kini Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) bergerak ke Hong Kong, untuk menyasar Buruh Migran Indonesia (BMI) di negara berjuluk Asia’s World City tersebut.

Deklarasi JKSN Hong Kong digelar di Victoria Park, Minggu (25/11), dihadiri ratusan BMI di Hong Kong serta Macau. Antusiasme mereka luar biasa! Rela menunggu sejak pagi, demi mengikrarkan diri memenangkan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Bahkan hujan yang mengguyur Victoria Park sejak pagi, sama sekali tak menyurutkan semangat BMI. Mereka tetap bertahan, mengikuti kegiatan deklarasi hingga selesai sambil membentangkan poster: We Vote Jokowi! Sebagian lagi meneriakkan: TKI di Hong Kong Bersatu Menangkan Nomor Satu.

• Baca: Malaysia, Titik Awal Khofifah Menangkan Jokowi di Luar Negeri

Semangat BMI di kedua negara tersebut dalam mendukung Jokowi-Kiai Ma’ruf benar-benar membuat Ketua Umum JKSN, KH M Roziqi terkesan.

“Saya melihat antusiasme WNI migran ini luar biasa, bahkan ada hujan mereka tetap antusias. Kami menilai ada keikhlasan dan ketulusan untuk mendukung, membantu memenangkan Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf,” katanya.

Roziqi melihat, dalam memberikan dukungan, BMI juga memiliki penilaian yang objektif dan sesuai realita terkait kinerja Jokowi selama ini. Salah satunya soal penghapusan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTLN) dan airpot tax.

• Baca: Pengasuh Ponpes Nurul Qarnain Jember Ikrar Dukung Jokowi

Pun demikian dengan pembangunan infrastruktur yang dilakukan di Indonesia. Para BMI saat pulang ke kampung halaman, merasakan betul kemajuan infrastruktur hingga daerah tempat mereka tinggal.

“Jadi saya melihatnya dari sisi komitmen mereka ini luar biasa. Sedangkan dari sisi keyakinan, mereka kompak dan solid,” tandas Roziqi.

Target 80 Persen

BERSATU DUKUNG JOKOWI: Sekjen JKSN, Gus Hans (kiri) menyerahkan naskah deklarasi kepada JKSN Hong Kong untuk mendukung JOkowi-Kiai Ma'ruf. | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
BERSATU DUKUNG JOKOWI: Sekjen JKSN, Gus Hans (kiri) menyerahkan naskah deklarasi kepada JKSN Hong Kong. | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

Paduan antara komitmen dan kayakinan BMI dengan pembentukan JKSN di Hong Kong inilah yang membuat Roziqi optimisitis, Jokowi akan kembali menang seperti di Pilpres 2014 silam.

Kala itu, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK) meraih 19.166 atau 75,4 persen suara, unggul jauh atas Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang meraih 6.169 atau 24,3 persen dari total 25.335 pemilih yang tersebar di Hong Kong dan Macau.

• Baca: Tiga Alasan Mengapa Jokowi Layak Satu Periode Lagi

Jika di Pilpres 2014 Jokowi meraih 75,4 persen, pada Pilpres 2019 JKSN mematok target kemenangan lebih tinggi. “Bisa menang 80 persen,” tegas Roziqi.

Kayakinan Roziqi membubung, lantaran dari sekitar 300 ribu BMI yang ada di Hong Kong dan Macau saat ini, sebagian sebagian besar adalah warga Muslimat NU, Ormas yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa sekaligus ketua Dewan Pengarah JKSN.

» Baca Berita Terkait JKSN, Jokowi, Pilpres 2019