Tim Prabowo: Hari Santri Jangan Gerus Spirit Resolusi Jihad

SPIRIT RESOLUSI JIHAD: Rakor BPP Prabowo-Sandiaga wilayah Jatim di Graha Astra Nawa, Gayungsari Timur, Surabaya, Jumat (12/10) malam. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
SPIRIT RESOLUSI JIHAD: Rakor BPP Prabowo-Sandiaga wilayah Jatim di Graha Astra Nawa, Gayungsari Timur, Surabaya, Jumat (12/10) malam. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap 22 Oktober tidaklah berdiri sendiri. Tapi ada spirit yang melatarbelakanginya, yakni Resolusi Jihad yang dicetuskan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari.

Karena itu, Ketua Harian Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno wilayah Jatim, Anwar Sadad mengingatkan, jangan sampai euforia HSN justru menggerus spirit Resolusi Jihad.

“Tidak boleh dilepaskan dari spirit yang melatarbelakanginya. Spirit Resolusi Jihad tersebut, jangan sampai tergerus Hari Santri yang disimbolisasi sebatas sarung,” tandas politikus yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim itu saat dihubungi Barometerjatim.com, Sabtu (1310).

• Baca: Undang Jokowi, PWNU Jatim Tepis Istighotsah Kubro Politis

Apalagi, papar Sadad, Resolusi Jihad adalah seruan patriotik yang berisi kewajiban bagi umat Islam untuk mempertahankan kemerdekaan RI dari serangan sekutu. Resolusi yang lahir sebagai jawaban atas permintaan fatwa dari tokoh-tokoh nasional saat ini, yakni Bung Karno, Bung Hatta, Bung Tomo dan lainnya.

Menjaga spirit tersebut, BPP Prabowo-Sandiaga Jatim memilih cara berbeda dalam memperingati HSN 2018, yakni menggelar pawai napak tilas kebangsaan bersama Sandiaga, Minggu (21/10). “Acara berupa pawai iring-iringan kendaraan jeep. Dimulai dari Jombang dan finish di Tuga Pahlawan Surabaya,” jelasnya.

Pawai, lanjut Sadad yang juga ketua Dewan Pakar IASS (Ikatan Alumni Santri Sidogiri) Pasuruan, akan melintasi beberapa pondok pesantren (Ponpes) yang menjadi saksi sejarah kelahiran Resolusi Jihad.

• Baca: Terpikat Sandi, Emak-emak ‘Nyawer’ Pakai Sisa Uang Belanja

Kegiatan napak tilas ini bakal semakin lengkap, karena Sandiaga akan menyampaikan orasi kebangsaan bertema Resolusi Jihad kedaulatan ekonomi sebagai refleksi Hari Santri Nasional.

Sadad menambahkan, rencana kegiatan tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi (Rakor) BPP Prabowo-Sandiaga Jatim yang diadakan di Graha Astra Nawa, Gayungsari Timur, Surabaya, Jumat (12/10) malam.

Rakor dihadiri Soepriyatno (ketua BPP), Basuki Babussalam (sekretaris BPP/PAN), Anwar Sadad, Renville Antonio (wakil ketua/Demokrat), Achmad Rubai (wakil ketua/PAN), Irwan Setiawan (wakil ketua/PKS), Cucuk Sunario (wakil ketua/Gerindra), dan Didi Junaidi (wakil ketua/Berkarya).

» Baca Berita Terkait: Prabowo-Sandiaga, Gerindra, Anwar Sadad