Tiba dari Korsel, KRI Ardadedali 404 Perkuat Koarmada II

TAMBAH KEKUATAN: KRI Ardadedali 404 tiba di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya, Kamis (17/5). | Foto: Ist
TAMBAH KEKUATAN: KRI Ardadedali 404 tiba di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya, Kamis (17/5). | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kekuatan armada laut Indonesia bertambah. Setelah Nagapasa 403, kini armada baru kapal selam KRI Ardadedali 404 tiba di perairan Armatim.

Kedatangan KRI Ardadedali-404 disambut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi didampingi Panglima Komando Armada II (Pangarmada II) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya, Kamis (17/5).

Kapal selam type 209/400 DSME ini memiliki bobot 1.280 ton saat muncul di permukaan dan bobot 1.400 ton saat menyelam, serta didukung empat mesin diesel MTU 12V493 dengan jarak jelajah mencapai 18.520 kilometer.

• Baca: Istri Prajurit Tak Terpisahkan dari Sejarah Perjuangan Bangsa

KRI Ardadedali 404 memiliki panjang 61,3 meter, diameter 6,2 M,dengan draft 5,7 M yang mampu menampung 40 kru kapal. Kapal ini memiliki kecepatan mencapai 21 knot di bawah air dan 12 knot di permukaan, serta mampu berlayar lebih dari 50 hari untuk menunjang fungsi operasi.

Dalam masa perjalanannya dari Korea Selatan (Korsel), “Ardadedali” yang diadopsi dari nama panah milik Arjuna, melintasi laut selama 17 hari menuju Tanah Air pada 30 April 2018.

Rute yang dilalui yakni Okpo (Korsel)–selat Korea–perairan Jepang–laut China Timur–selat Luzon–laut China selatan–selat Apo–selat Cuyo-laut Sulu–selat Sibutu–laut Sulawesi–selat Makassar–laut Jawa–Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) hingga akhirnya merapat di Dermaga Koarmada II Surabaya.

“Kapal selam ini merupakan penyempurnaan dari pendahulunya, KRI Nagapasa 403,’’ terang Laksamana TNI Ade Supandi, seperti dilansir Dinas Penerangan TNI AL yang diterima redaksi Barometerjatim.

• Baca: 141 Perwira Kodam V Brawijaya Naik Pangkat

Ade menyampaikan, KRI Ardadedali 404 merupakan kapal selam type 209/400 DSME yang diproduksi oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korsel yang dilengkapi Latest Combat System, Enhanced Operating System, Non-hull Penetrating Mast and Comfortable Accomodation.

Dalam kesempatan tersebut, Ade berpesan Kepada seluruh pengawak KRI Ardadedali 404 untuk menjaga dan merawat alutsista terbaru yang dimiliki TNI AL ini agar selalu siap melaksanakan operasi.

“Dengan bergabungnya KRI Ardadedali 404 di jajaran alutsista TNI AL, diharapkan akan mampu mendukung lebih terciptanya stabilitas keamanan kawasan dan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,’’paparnya.