Seru Abis! Ngabuburit di Babat Barrage Lamongan

DESTINASTI BARU WISATA: Kawasan Bendung Gerak Babat (Babat Barrage) menjadi destinasi baru untuk ngabuburit bagi warga Lamongan dan Tuban yang tinggal di bantaran sungai Bengawan Solo. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
DESTINASI NGABUBURIT: Kawasan Babat Barrage menjadi destinasi baru untuk ngabuburit bagi warga Lamongan dan Tuban yang tinggal di bantaran sungai Bengawan Solo. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

Sesekali, datanglah ke Bendung Gerak Babat atau Babat Barrage di Lamongan. Selama Ramadhan, tempat ini menjadi destinasi baru nan seru untuk ngabuburit.

BERBUKA menjadi waktu yang ditunggu bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Sambil menanti bedug tiba atau biasa disebut ngabuburit, berbagai aktivitas dilakukan.

Ada yang mengisi waktu ngabuburit dengan tadarus al Qur’an, beri’tikaf di masjid maupun jalan-jalan menikmati panoroma sore hari.

Khusus warga Lamongan dan Tuban yang tinggal di sekitar Sungai Bengawan Solo, rupanya memiliki tempat asyik untuk ngabuburit tanpa memerlukan biaya mahal, yakni kawasan Bendung Gerak Babat (Babat Barrage).

Babat Baragge merupakan salah satu pintu air sungai Bengawan Solo yang terletak di Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Lamongan. Setiap sore hari, kawasan ini menjadi destinasi baru bagi warga yang sedang ngabuburit. Ini dia gambaran keindahannya:

Mancing Gratis

MANCING GRATIS: Pengunjung bebas menikmati hobi memancing secara gratis di sepanjang tepian sungai kawasan Babat Barrage. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
MANCING GRATIS: Pengunjung bebas menikmati hobi memancing secara gratis di sepanjang tepian sungai kawasan Babat Barrage. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

Bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, kawasan Bendung Gerak Babat bisa menjadi tempat yang asyik untuk ngabuburit.

Di tempat ini pengunjung bebas menikmati hobi memancing secara gratis di sepanjang tepian sungai Bengawan Solo, sambil menikmati deburan air yang mengalir.

Keasyikan tempat ini seperti dituturkan Iwan Baskoro, salah seorang warga yang sengaja datang dari Sugio, Lamongan, hanya untuk menghabiskan waktu untuk memancing sambil menunggu waktu berbuka puasa.

• Baca: Nikmati Sensasi Tengkleng Kurma saat Berbuka Puasa

“Kebetulan hobi mancing, jadi asyik, seru pokoknya, bisa bebas mancing ikan sambil refreshing menunggu buka puasa,” tuturnya sambil menunjukkan ikan tawes hasil pancingannya.

Menariknya lagi, bagi para pengunjung yang punya hobi memancing juga bebas membawa pulang ikan hasilnya memancing tanpa dipungut biaya.

Sirkuit Kendalifornia

UNJI ADRENALINE: Pengunjung yang memiliki kesukaan motocross bisa adu kepiawaian dalam menunggangi kuda besi. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
UJI ADRENALINE: Pengunjung yang memiliki kesukaan motocross bisa adu kepiawaian dalam menunggangi kuda besi. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

Tak hanya mereka yang hobi memancing, bagi pengunjung yang memiliki kesukaan motocross dan adu kepiawaian dalam menunggangi kuda besi, bisa mencoba berpetualang dengan memacu andrenalin di arena Sirkuit Motocross Kendalifornia.

Sirkuit Motocross Kendalifornia yang terletak di bantaran sungai Bengawan Solo, tak jauh dari pintu air Bendung Gerak Babat tersebut.

• Baca: Paduan Busana Muslim Warnai Surabaya Fashion Parade 2018

Seperti dilakukan Rudi, warga setempat yang setiap sore hari menghabiskan waktunya bermain motocross di sirkuit yang dibangun karang taruna Desa Kendal, Kecamatan Sekaran.

“Ya untuk menyalurkan hobi saja, main motocross di sirkuit ini bersama teman-teman komunitas, sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba,” ungkap Rudi, sambil menggeber motornya yang siap berpacu.

Taman Ekspresi

TAMAN KENDALIFORNIA: Pengunjung bisa bermain dan bersantai ria sambil membaca buku yang tersedia di Gerobak Pustaka. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
TAMAN KENDALIFORNIA: Pengunjung bisa bermain dan bersantai ria sambil membaca buku yang tersedia di Gerobak Pustaka. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

Tak jauh dari lokasi Sirkuit, di kawasan Bendung Gerak Babat juga terdapat Taman Ekspresi Kendalifornia yang dibangun di lahan Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Lamongan.

Di taman ini para pengunjung bisa bermain dan bersantai ria, sambil membaca buku yang sudah tersedia di Gerobak Pustaka. Namun koleksi bukunya masih sedikit, karena butuh donasi dari warga yang peduli.

• Baca: Kehabisan Ongkos Saat Pelesir ke Jatim? Ini Solusinya

Pada hari tertentu, kadang di taman ini terdapat pentas musik kreatif yang sengaja dimainkan pemuda karang taruna desa setempat untuk menghibur para pengunjung yang hadir.

Penasaran dengan wahana di kawasan Bendung Gerak Babat, yuk berkunjung ke lokasi..