Sasar Pemilih Muda, Muda Mudi Demokrat Rangkul Band Indie

MUDA MUDI DEMOKRAT: Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Muda Mudi Demokrat. Beri pemahaman politik kalangan muda. | Foto: Barometerjatim.com/ABDULLAH HR
MUDA MUDI DEMOKRAT: Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Muda Mudi Demokrat. Beri pemahaman politik kalangan muda. | Foto: Barometerjatim.com/ABDULLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Totalitas ditunjukkan Partai Demokrat dalam memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak Elestianto di Pilgub Jatim 2018. Tak hanya Pakde Karwo, Muda Mudi Demokrat juga akan menyasar kalangan muda untuk meraih pundi-pundi perolehan suara.

Salah satu strategi yakni menggarap pecinta band indie. “Kita akan menggaet anak muda lewat komunitas. Insyaallah bulan lima (April) akan membuat konser musik di Surabaya. Konser itu khusus menyediakan wadah bagi band indie. Musik Indie di Surabaya kita hidupkan lagi,” ujar Ketua Muda Mudi Demokrat Jatim, Bayu Airlangga, Rabu (31/1).

Wajar jika segman muda terus digarap tim pemenangan Khofifah-Emil, karena jumlah pemilih muda di Jatim cukup besar, sekitar 14,5 juta atau 37,68 persen dari total penduduk sebanyak 38,85 juta jiwa.

• Baca: Pakde Karwo: Bu Khofifah Lebih Hebat dari Saya

Menurut Bayu, di Surabaya ada sekitar 20 band indie yang telah memiliki album. “Rata-rata mereka memiliki fanbase tersendiri. Ini masih di Surabaya saja lho ya,” ungkapnya.

Tak sekadar konser musik, kegiatan ini juga untuk memberikan ruang edukasi politik bagi anak muda. Apalagi akhir-akhir ini kalangan muda cenderung bersikap cuek terhadap urusan politik.

“Kaum muda harus tetap peduli pada politik. Bagaimanapun semua keputusan dan kebijakan negara tergantung dari politik,” tukasnya.

• Baca: Makan Nasi Pecel Bareng, Khofifah-Soekarwo Kian Gayeng

Bagi Bayu generasi muda harus bisa membawa perubahan, salah satunya melalui politik. Dia menyontohkan bakal Cawagub Jatim, Emil Dardak yang sukses di dunia politik dan mampu membawa perubahan.

“Mas Email ini bisa menjadi role model bagi teman-teman muda yang ingin masuk ke dunia politik, dunia legislatif. Sosok Mas Emil bisa menjadi contoh sehingga mereka tidak ragu-ragu ternyata anak muda bisa,” katanya.

Bayu berharap festival band indie yang akan dihadiri Emil Dardak itu bisa mengubah pola pikir anak muda terhadap politik. “Apalagi Mas Emil kan dulu pernah menjadi bagian dari band indie,” pungkasnya.