Sapa Magetan, Emil Tawaran Solusi untuk Petani Bawang

PETANI BAWANG MAGETAN: Emil Dardak berkunjung ke Desa Pakes, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Kamis (3/5) malam. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
PETANI BAWANG MAGETAN: Emil Dardak berkunjung ke Desa Pakes, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Kamis (3/5) malam. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

MAGETAN, Barometerjatim.com – Cawagub nomor urut satu, Emil Elestianto Dardak dinilai sebagai sosok kaya program dan inovasi. Di setiap daerah yang dikunjunginya, alumnus University Of Oxford ini selalu menawarkan solusi dari setiap permasalahan masyarakat setempat.

Hal sama dilakukan Emil saat berkunjung ke Desa Pakes, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Kamis (3/5). Kedatangan Emil ke desa tersebut disambut antusias warga desa.

Suami Arumi Bachsin itu pun berdialog dan menyerap aspirasi dan keluh kesah dari petani bawang di desa setempat,  dengan sesekali menggunakan bahasa Jawa halus (krama inggil).

• Baca: Ajak Arumi, Emil Blusukan di Tiga Pasar Tradisional Pacitan

Sepanjang dialog, Emil memaparkan secara detail sekaligus mengupas masalah yang disampaikan para petani bawang. Salah satu problem yang dihadapi terkait hasil pertanian bawang yang minim. Problem lainnya soal biaya obat yang mahal, sehingga biaya produksi lebih besar dari hasil yang didapat.

Atas problem ini, Emil menawarkan program dari Jatim Agro (Nawa Bhakti Satya). Jatim Agro bertujuan untuk menyejahterakan petani dengan menyediakan bantuan alat dan sarana prasarana, termasuk pengairan.

“Pertanian ini bukan hanya untung rugi, tetapi juga terkait kesejahteraan keluarga tani agar Indonesia memiliki kedaulatan pangan. Untuk mencapai itu keberpihakan kepada petani menjadi suatu keharusan,” tegas Emil di depan para petani.

• Baca: Muda dan Inspiratif, Alasan Pegiat Desa Wisata Dukung Emil

Dalam Jatim Agro juga ada program Information Super Corridor (ISC). “Dengan program ISC ini kita dapat tahu di daerah ini musimnya lagi enggak bagus, berarti harus menanam tanaman ini misalnya. Dan apa yang tepat untuk di tanam musim ini,” kata Emil.

Dalam akhir kunjungannya, Emil mendapatkan seserahan dari petani berupa beras dan bawang merah hasil panen. Muhammad Syaiful, perwakilan petani menuturkan seserahan ini adalah bentuk kecintaan dan harapan para petani kepada Khofifah-Emil Dardak.

“Beras dan bawang ini adalah hasil panen kami untuk Mas Emil. Kami sangat berharap sekali Khofifah-Emil dapat memimpin Jawa Timur, apalagi Mas Emil satu-satunya yang mewakili Mataraman,” kata Syaiful.