Prof Nasih: Survei Puspek Bukan Tanggung Jawab Unair

BUKAN TANGGUNG JAWAB UNAIR: Prof Moh Nasih, hasil survei Puskep terkait Pilgub Jatim bukan tanggung jawab Universitas Airlangga (Unair). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
BUKAN TANGGUNG JAWAB UNAIR: Prof Moh Nasih, hasil survei Puspek terkait Pilgub Jatim bukan tanggung jawab Universitas Airlangga (Unair). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Moh Nasih menegaskan, kampus yang dipimpinnya tidak bertanggung jawab atas hasil survei terkait Pilgub Jatim 2018 yang dirilis Pusat Kajian Pembangunan dan Pengelolaan Konfilk (Puspek) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair.

“Secara kelembagaan/institusi, Unair tidak mempunyai program serta tidak pernah melakukan survei berkaitan dengan elektabilitas pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur di Pilkada Jawa Timur 2018,” kata Nasih dalam siaran persnya melalui Pusat Informasi dan Humas Unair yang diterima Barometerjatim.com, Rabu (30/5).

Nasih juga menegaskan, secara kelembagaan Unair bersikap independen, tidak memihak kepada salah satu pasangan calon, netral, serta tidak berpolitik praktis.

• Baca: Tepis Puspek, Unair Bantah Bikin Survei soal Pilgub Jatim

Setiap akademisi di Unair, tambahnya, mempunyai hak kebebasan akademik untuk berpendapat serta melakukan penelitian, termasuk survei.

“Sepanjang hal tersebut dilakukan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki, serta menggunakan metode ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Karena itu, hasil dari survei atau penelitian menjadi tanggung jawab individu masing-masing pelaksana survei. “Bukan tanggung jawab Unair/lembaga, serta tidak menggambarkan pendapat dan pandangan Unair,” tegasnya.