Perkuat SDM Industri, Emil: Jurusan SMK Perlu Dibenahi

BERSAMA BURUH PABRIK: Cawagub Emil Dardak mengunjungi pabrik sepatu di Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Rabu (28/3). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
BERSAMA BURUH PABRIK: Cawagub Emil Dardak mengunjungi pabrik sepatu di Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Rabu (28/3). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

NGANJUK, Barometerjatim.com – Ide-ide brilian tak henti mengalir dari Emil Elestianto Dardak. Kali ini dia menyoroti soal industri. Bagi Cawagub Jatim nomor urut 1 tersebut, kualitas industri bisa dicapai kalau didukung SDM buruh dan tenaga kerja terampil.

Itu artinya SMK harus membuka jurusan yang menyesuaikan dengan arah industrialisasi di Jatim. Bukan sebaliknya, hanya terfokus pada beberapa jurusan tertentu yang justru menyebabkan penumpukan lulusan dan kesulitan mencari pekerjaan.

“Ke depan kami akan mendorong jurusan yang sesuai dengan kebutuhan industri kita misalnya pertanian, pariwisata, maritim dan beberapa jurusan lainnya,” katanya usai mengunjungi buruh di pabrik plywood (multipleks) dan pabrik sepatu di Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, Rabu (28/3).

• Baca: Bersama Pakde, Emil Terima “Indonesia Visionary Leader”

Doktor termuda lulusan universitas di Jepang itu lantas mencontohkan kebijakannya di Trenggalek yang membuka jurusan-jurusan baru semisal pariwisata, fashion, IT dan teknologi pertanian.

“Jurusan-jurusan yang saat ini memang sangat dibutuhkan dan diyakini dapat menyerap lapangan pekerjaan lebih tinggi,” tandasnya.

Kehadiran Emil di pabrik plywood mendapatkan sambutan hangat dari ratusan buruh yang sedang bekerja. “Pak Emil, Pak Emil, wakile Bu Khofifah, muda, ramah, pinter,” teriak salah seoranf buruh pabrik sambil berjalan meminta salaman yang diikuti buruh pabrik lainnya.

• Baca: Inovasi Communal Branding, Cara Emil Proteksi UMKM Jatim

Didampingi langsung komisaris perusahaan, Herry Widianto, Emil berkeliling melihat langsung satu persatu tahapan  proses produksi. Suami artis Arumi Bachsin ini menunjukkan apresiasinya atas usaha keras dari pabrik plywood yang mampu menyerap ratusan tenaga kerja.

“Pak Heri ini industrialis sejati. Selain ulet, mau mengembangkan sistem pabrikan. Beliau belajar dari apa yang dikembangkan negara maju seperti Jepang,” ungkapnya.

SESUAI KEBUTUHAN PABRIK: Cawagub Emil Dardak, SMK harus membuka jurusan yang menyesuaikan dengan arah industrialisasi di Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SESUAI KEBUTUHAN PABRIK: Cawagub Emil Dardak, SMK harus membuka jurusan yang menyesuaikan dengan arah industrialisasi di Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Selain itu, Emil yang baru saja mendapatkan penghargaan Best In Unlocking Economic Potential (Terbaik Dalam Mendayagunakan Potensi Ekonomi Daerah) mengaku sangat senang melihat pabrik plywood, yang mampu menggunakan potensi daerah dan segala mesin dibuat serta diralat sendiri.

“Pabrik ini juga mempunyai bisnis yang saling terkait. Mulai bisnis bahan baku yang menunjang perusahaan kayu lapisnya,  perusahaan ini juga mampu memanfaatkan limbah kayu untuk dimaksimalkan dalam finishing papan lapis tersebut,” imbuhnya.

• Baca: Gagas Pusat Ekonomi Baru, Emil Ekspedisi Selingkar Wilis

Sekitar satu jam mengunjungi pabrik plywood, Emil bergeser mengunjungi pabrik sepatu di kecamatan yang sama. Tiba di lokasi, dia langsung disambut ribuan buruh yang mayoritas perempuan. Tak sedikit dari mereka yang histeris sembil meminta swa-foto.

Sembari menyapa ribuan pabrik dengan senyum khasnya, Emil melihat langsung proses produksi sepatu bermerek nasional tersebut. Dalam kesempatan itu dia berharap ada sinkronisasi kebijakan pemerintah provinsi (Pemprov) yang menunjang iklim industri di Jawa Timur.