Perkuat Peran Remaja Masjid, Emil Siapkan Internet Syariah

INTERNET SYARIAH: Cawagub Emil Dardak bersama Pengurus Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) se-Jatim di Surabaya, Sabtu (24/3) malam. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
INTERNET SYARIAH: Cawagub Emil Dardak bersama Pengurus Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) se-Jatim di Surabaya, Sabtu (24/3) malam. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Cawagub nomor urut satu, Emil Elestianto Dardak menuturkan partisipasi remaja masjid dibutuhkan untuk menjaga karakter anak muda di era digital. Dia bahkan menegaskan hal itu akan menjadi prioritasnya bersama Cagub Khofifah Indar Parawansa jika diberi amanat memimpin Jatim.

“Menanamkan karakter yang kuat dan agamis menjadi penting dan sedini mungkin bagi para pemuda,” kata Emil saat menghadiri Rapimwil Badan Komunikasi Pengurus Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) se-Jawa Timur di Pondok Pesantren Nurul Falah Surabaya, Sabtu (24/3) malam.

“Remaja masjid memiliki arti luas, bukan hanya dalam konteks keagamaan dan ibadah, tetapi menjadikan masjid sebagai center of gravity bagi kegiatan kepemudaan.”

• Baca: Inovasi Communal Branding, Cara Emil Proteksi UMKM Jatim

Emil juga menyarankan BKPRMI untuk mengkaji eksistensi remaja masjid di era digital, serta menggali nasihat para ulama agar ditemukan adab berinternet yang baik seandainya dilakukan di lingkungan masjid.

Dengan adanya ‘internet syariah’ maka diharapkan santri dan santriwati bisa mengembangkan kompetensi dan penguasaan gadget di era digital, sembari menghindari hal-hal yang membawa mudarat.

Dalam kesempatan tersebut, Emil turut berbagi pengalaman menyikapi kasus video viral anak SD yang menggunakan rokok elektrik sebagai ilustrasi dilema dan tantangan di era digital.

• Baca: Gagas Pusat Ekonomi Baru, Emil Ekspedisi Selingkar Wilis

Dia juga berbagi konsep Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) sebagai dua teknologi yang dapat diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran dan kepemudaan.

Para pengurus remaja masjid yang hadir terlihat sangat menikmati paparan Emil yang dibawakan dengan rileks, bergaya anak muda namun substansial.

“Saya terkesan dengan paparan anda, bukan hanya ganteng, tapi juga visioner. Walau di sini ada Panwaslu, kami tegaskan kamilah yang ingin Mas Emil hadir di acara kami,” ujar salah seorang pengurus.