Sabtu, 21 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Penghargaan Pembangunan Daerah 2022: Jawa Barat Terbaik, Jawa Timur Nomor 2!

Berita Terkait

JABAR TERBAIK: Pemprov Jawa Barat raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2022. | Foto: Bappenas/IST
JABAR TERBAIK: Pemprov Jawa Barat raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2022. | Foto: Bappenas/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sambutlah Jawa Barat. Provinsi yang dipimpin Gubernur Ridwan Kamil itu menjadi yang terbaik dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 yang digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Pemenang PPD 2022 diumumkan saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2022 di Jakarta yang dihadiri seluruh kepala daerah se-Indonesia secara virtual, Kamis (28/4/2022).

Pemprov Jawa Barat menjadi yang terbaik lewat inovasi “Sim Jawara”, akronim dari Sistem Informasi Manajemen Talenta Jawa Barat Juara). Inovasi yang dikembangkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) itu merupakan sistem informasi kepegawaian terintegrasi seputar karir pegawai berbasis meritrokasi.

Kementerian PAN-RB bahkan telah menjadikan manajemen talenta ini sebagai pilot project dalam penerapan manajemen talenta nasional. Dengan menggunakan Sim Jawara, proses penempatan, rotasi, mutasi, dan promosi seorang ASN menjadi lebih transparan dan berkualitas.

Menyusul Jawa Barat, peringkat kedua ditempati Jawa Timur. Provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa itu menempati runner-up lewat inovasi “Jatim Puspa” yang memberdayakan perempuan dan menggerakkan perekonomian masyarakat serta menurunkan angka kemiskinan.

Alhamdulilah Jatim mendapat penghargaan terbaik kedua Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2022,” kata Khofifah di sela kegiatan di Kabupaten Tuban.

“Penghargaan ini tak lepas dari sinergitas dan harmonisasi dari bupati/wali kota se-Jatim dalam peningkatan inovasi pembangunan daerah masing-masing yang berdampak bagi kemajuan pembangunan Jatim,” imbuhnya.

Sedangkan terbaik ketiga diraih Bengkulu. Provinisi yang dipimpin Gubernur Rohidin Mersyah itu terpilih berkat keberhasilan program “Aksi Rafflesia Stunting”, sebagai upaya integratif dan kolaborasi multistakeholder dalam menangani stunting.

Semenetara itu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menuturkan, PDD 2022 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah dalam mendorong penyusunan dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan.

“PPD 2022 diberikan kepada tiga provisi terbaik, tiga kabupaten terbaik, dan tiga kota terbaik, serta penghargaan khusus bidang ekonomi hijau dan rendah karbon dan inisiasi awal untuk sirkular ekonomi,” paparnya.

JABAR UNGGULI JATIM: Jawa Timur peringkat dua, kalah dari Jawa Barat dalam Penghargaan Pembangunan Daerah 2022. | Foto: Bappenas/IST
PERINGKAT DUA: Jawa Timur peringkat dua, kalah dari Jawa Barat dalam Penghargaan Pembangunan Daerah 2022. | Foto: Bappenas/IST

» Baca berita terkait Pemprov Jatim. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -