Pengamen Khofemil Datang, ‘Sihir’ Via Vallen pun Hilang

LAGU UNTUK KHOFEMIL: Edi "Khofemil" Sucipto bertemu langsung dengan bakal Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan istri Bupati Emil Dardak, Arumi Bachsin di Trenggalek, Sabtu (27/1). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
LAGU UNTUK KHOFEMIL: Edi “Khofemil” Sucipto bertemu langsung dengan bakal Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan istri Bupati Emil Dardak, Arumi Bachsin di Trenggalek, Sabtu (27/1). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

TRENGGALEK, Barometerjatim.com – Via Vallen, pedangdut yang dikontrak pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, sempat mencuri perhatian dalam dua pekan terakhir. Puncaknya saat memanfaatkan fasilitas negara, Pendopo Kabupaten Sidoarjo, untuk syuting klip video kampanye pasangan yang diusung PKB, PDIP, PKS dan Gerindra tersebut.

Namun ‘sihir’ Via Vallen hanya bertahan dalam hitungan pekan setelah muncul pengamen jalanan, Edi Sucipto yang datang menyapa publik lewat lagu “Khofemil” (Khofifah-Emil). Berbekal lirik sederhana dan aransemen ‘seadanya’, kehadiran Edi justru viral di media sosial. Simak liriknya:

Maju maju rakyat ingin kau maju jadi gubernur
Maju maju kau terus maju jadi gubernur Jawa Timur
Kupilih Khofifah karena orang yang salehah
Kupilih Pak Emil karena cerdas dan jujur
Pilih Khofemil, Bu Khofifah dan Bapak Emil
Pilih Khofemil, Pilih Bu Khofifah Bapak Emil

Nah, saat Khofifah menghadiri acara Silaturahim dan Santunan Anak Yatim/Piatu serta Janda yang digelar Yayasan Pembina Umat Al Hidayah Cabang III di Dusun Kasihan, Desa Ngepeh, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Sabtu (27/1), Edi berkesempatan bertemu langsung dengan bakal Cagub Jatim idolanya tersebut. Tak sebatas bertemu, Edi bahkan dipersilakan naik panggung untuk ‘unjuk aksi’ di hadapan ribuan hadirin.

• Baca: Buka Ruang Diskusi, Khofifah-Emil Siapkan Rumah Aspirasi

“Melalui lagu ini saya mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin yang berkualitas. Saya tahu Ibu Khofifah ini sosok yang cerdas, buktinya bisa dilihat dari hasil kerja saat menjadi menteri sosial,” ujarnya berorasi sebelum melantunkan lagu.

Di atas panggung Edi juga sempat ditanya Khofifah yang didampingi istri Bupati Trenggalek Emil Dardak, Arumi Bachsin. “Berapa lama sampean bikin lagi ini?” katanya. “Dua hari,” jawab Edi singkat.

Ditemui usai manggung, Edi menuturkan alasan menciptakan lagu ini karena kekagumannya pada sosok Khofifah. “Bu Khofifah itu luar biasa, apalagi sekarang menggandeng bupati saya (Trenggalek) Bapak Emil,” katanya.

Edi juga tak merasa kehilangan jika nanti Emil harus meninggalkan Trenggalek untuk memimpin Jatim bersama Khofifah. “Membangun Trenggalek tak harus dari Trenggalek, tapi bisa dari mana saja, termasuk saat menjadi wakil gubernur,” katanya yang disambut aplaus hadirin.

• Baca: M Sholeh: Partainya Gerindra, Gubernurnya Tetap Khofifah

Selain itu, Edi mengaku bangga bisa bertemu langsung dengan Khofifah yang dinilainya sangat perhatian dengan wong cilik. “Ternyata beliau peduli sekali dengan pengamen jalanan. Biasanya orang besar sekelas Bu Khofifah akan memanggil artis terkenal jika punya acara,” katanya.

Pria yang sehari-hari mangkal di alun-alun Trenggalek itu berjanji akan mengajak para pengamen dan masyarakat untuk mendukung dan memilih Khofifah. Salah satu ikhtiarnya yakni menyanyikan lagu “Khofemil” saat turun ke jalan mengais rezeki.

“Setiap mengamen saya akan menyanyikan lagu ini ke berbagai tempat di Trenggalek. Ini bentuk upaya saya untuk mendukung Bu Khofifah-Bapak Emil,” pungkasnya.