Pemilu 2019, Kiai Ma’ruf Ajak Warga NU Rujuk Kembali ke PKB

AJAK WARGA NU KEMBALI KE PKB: Cawapres Kiai Ma'ruf Amin usaimenghadiri konsolidasi kader PKB se-Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (29/9). | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG
AJAK WARGA NU KEMBALI KE PKB: Cawapres Kiai Ma’ruf Amin usaimenghadiri konsolidasi kader PKB se-Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (29/9). | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Cawapres nomor urut satu, KH Ma’ruf Amin blak-blakan mengajak warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk kembali ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pemilu 2019. Karena itu dia mengusung isu arruju’ warruju’ tsumma ruju’.

Ruju’ pertama apa? PKB-nya kembali pada khitthah-nya. Yang kedua, warga NU harus ruju’, ruju’un nahdliyyin ilal PKB, kembali warga NU ke PKB, ini adalah kendaraan kalian semua,” katanya di hadapan ribuan kader dan kiai PKB pada acara konsolidasi kader se-Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (29/9).

“(Ketiga) tsumma ruju’, kita kembali lagi pada perolehan (Pemilu) 1999 yaitu 13 persen. Alhamdulillah kemarin belum sampai 13 persen, tapi sudah mencapai 10 persen. Karena itu, maka 2019 PKB harus kembali, bukan hanya 13 persen, harus lebih.”

• Baca: NU Bisa Ditinggal Kalau Jokowi-Kiai Ma’ruf Kalah di Pilpres

Kemenangan PKB di Pemilu 2019, lanjut Kiai Ma’ruf, juga akan berseiring dengan kemenangan dirinya yang berpasangan dengan Capres Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. “PKB menang! Jokowi-Ma’ruf Amin menang!” tandasnya.

Selebihnya, Kiai Ma’ruf bersyukur dirinya yang kader NU dipilih Jokowi sebagai pendampingnya di Pilpres 2019. Padahal, katanya, bisa saja Jokowi memilih profesional, politisi atau teknokrat.

• Baca: Kiai Ma’ruf: Tak Didukung Kiai NU Kultural, Malapetaka!

“Tapi justru beliau (Jokowi) justru memilih kiai, memilih santri, karena beliau ternyata sangat mencintai kiai dan santri,” katanya.

Kiai Ma’ruf pun berharap, “Kalau sekarang saya dipilih menjadi wakil presiden, besok ada santri lagi yang bisa dipilih. Bukan hanya wakil presiden tapi menjadi presiden,” tegasnya.