Pembukaan Konferwil, Kiai Mutawakkil Pamit Tak Maju Lagi

TAK MAJU LAGI: KH Mutawakkil Alallah saat pembukaan Konferwil di Ponpes Lirboyo, Kediri, Sabtu (28/7) malam. Tak lagi maju di pemilihan ketua PWNU. | Foto: Barometerjatim.com/RETNA MAHYA
TAK MAJU LAGI: KH Mutawakkil Alallah saat pembukaan Konferwil di Ponpes Lirboyo, Kediri, Sabtu (28/7) malam. Pamit tak maju di bursa ketua PWNU. | Foto: Barometerjatim.com/RETNA MAHYA

KEDIRI, Barometerjatim.com – KH Hasan Mutawakkil Alallah memutuskan tidak maju lagi pada pemilihan ketua PWNU Jatim. Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan pada pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) PWNU Jatim di Ponpes Lorboyo, Kediri, Sabtu (28/7) malam.

“Setelah 10 tahun saya berkhidmat menjadi khodim jamiyah NU, yang memang bukan waktu panjang bagi perjalan NU ila yaumil qiyamah. Tapi bagi diri saya, 10 tahun ini waktu yang panjang, waktu yang tidak sedikit,” katanya.

“Maka, saya yakin harus bisa mengukur diri saya. Sudah waktunya, estafet kepemimpinan NU Jatim diganti oleh pemimpin-pemimpin NU yang lain,” imbuhnya yang disambut aplaus hadirin.

• Baca: Kiai Mutawakkil: Saya Tidak Punya Ambisi, Naudzubillah!

Setelah tak lagi maju pada pencalonan ketua PWNU Jatim, Kiai Mutawakkil akan kembali mengurus Ponpes Zainul Hasan Genggong, Probolinggo. “Ngeladeni putra-putri umat di sana,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Mutawakkil memohon maaf apabila ada kesalahan maupun kelemahan selama dua periode memimpin PWNU Jatim. “Baik kelemahan, kesalahan pribadi saya maupun kepengurusan PWNU, terutama dalam lima tahun terakhir ini,” ucapnya.

Tapi, tandasnya, “Kelemahan dan kesalahan apapun, saya jamin tidak akan meredupkan nurul ulama, tidak akan menjatuhkan haibah dan marwah NU sebagai organisasi para ulama NU.”

• Baca: Sinyal Gus Hans: Duet Kiai Anwar-Gus Kikin Pimpin PWNU Jatim

Dia juga bersyukur karena PWNU yang sempat mengalami grafik turun, saat ini sudah naik lagi sesuai dengan khitthahnya. “On the right track, maqamam mahmudah. Semua akan kami laporkan di sidang pleno nanti,” ucapnya.

Semua pencapaian tersebut, tambahnya, bukan dari dirinya pribadi tapi kebersamaan baik peringkat maupun peringkat PWNU Jatim.

• Baca: Eks Bendahara PBNU: Gus Kikin Layak Ketua PWNU Jatim

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang selama ini membantu perjuangan kami,” katanya.

Di penghujung sambutannya, dia mengajak seluruh aktivis NU tetap istiqomah berjuang di bawah payung teduh NU bersama ulama-ulama NU.