PDIP: Caleg Terpilih Terlibat Korupsi, Karier Politik Selesai!

PDIP saat syukuran kemenangan Pileg 2019 di kantor PDIP Jatim, Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
PDIP saat syukuran kemenangan Pileg 2019 di kantor PDIP Jatim, Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

SURABAYA, Barometerjatim.com – DPD PDI Perjuangan Jatim mengingatkan para Caleg terpilih agar jangan sampai terlibat korupsi saat menjadi anggota DPRD nanti.

“Kita sudah punya komitmen, siapapun yang terlibat dalam hal itu (korupsi) ya selesailah karier politiknya di PDIP,” tegas Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi di Surabaya, Minggu (12/5/2019).

Agar jangan sampai terlibat korupsi, PDIP Jatim akan mengumpulkan 343 Caleg terpilih (27 provinsi dan 316 kabupaten/kota) untuk diberikan pembekalan.

“Di PDIP itu ada kewajiban, bahwa seluruh Caleg sebelum dia memangku jabatannya, maka semuanya harus mengikuti proses pembekalan, termasuk saya,” jelas Kusnadi yang kembali masuk Indrapura, sebutan DPRD Jatim.

“Kalau (Caleg terpilih) untuk DPR RI, itu nanti DPP. Jadi 316 tambah 27 itu akan kita kumpulkan untuk menerima pembekalan dari partai, sehingga kita punya patron berdasarkan ideologi yang diyakini PDIP,” sambungnya.

Dalam pembekalan nanti, tambah Kusnadi, akan ada peneguhan komitmen antikorupsi bagi Caleg terpilih. Bahkan beberapa waktu lalu sebenarnya berencana melakukan kerja sama dengan KPK, tapi harus tertunda lantaran pekerjaan menumpuk karena Pemilu 2019.

“Mungkin saat pembekalan, kita akan melakukan kerja sama dengan institusi yang membidangi itu, sehingga kita betul-betul komitmen terhadap pemberantasan korupsi, ketidaksukaan kita pada korupsi bukan sekadar lip service,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, PDIP Jatim juga menyampaikan bela sungkawa atas kematian ratusan penyelenggara Pemilu saat bertugas. “Kami menyampaikan bela sungkawa yang tak terhingga kepada saudara-saudara kita, pahlawan-pahlawan demokrasi ini,” tuntasnya.•

» Baca Berita Terkait PDIP, Pileg 2019