PAW 41 Anggota DPRD Kota Malang Dipastikan 10 September

PERCEPAT PAW: Pakde Karwo usai menggelar pertemuan terkait PAW 41 anggota DPRD Kota Malang di Grahadi, Surabaya, Rabu (5/9). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
PERCEPAT PAW: Pakde Karwo usai menggelar pertemuan terkait PAW 41 anggota DPRD Kota Malang di Grahadi, Surabaya, Rabu (5/9). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Langkah cepat diambil Gubernur Jatim, Soekarwo terkait penahanan 41 dari total 45 anggota DPRD Kota Malang yang ditahan KPK dalam kasus suap APBD Perubahan Kota Malang tahun 2015.

Pakde Karwo — sapaan akrab Soekarwo — memastikan penggantian antar waktu (PAW) anggota akan dilakukan Senin (10/9) mendatang. Penggantian secepatnya dilakukan demi jalannya pemerintahan di Kota Malang.

Hal itu ditegaskan Pakde Karwo usai menggelar pertemuan dengan Plt Wali Kota Malang Setiaji, para pimpinan partai politik (Parpol) provinsi dan KPU di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Rabu (5/9).

• Baca: Nyono Divonis Ringan 3,5 Tahun, JPU KPK: Ada Apa Ini?

Dalam pertemuan tersebut, semua pimpinan Parpol menyatakan kesiapannya untuk segera melakukan PAW. Pihaknya bersama tim akan bekerja secara paralel, agar permasalahan Pemkot Malang dapat diselesaikan dalam 3 hari sehingga pada Senin (10/9) bisa dilakukan PAW.

“Ini luar biasa, saya apresiasi kepada ketua partai. Karena menurut KPU problemnya terdapat pada administrasi pergantian,” katanya.

“Namun setelah pertemuan hari ini, disepakati pimpinan partai menyatakan kesiapannya untuk segera melakukan pendampingan di Kota Malang, sehingga pelantikan anggota DPRD penggantian antar waktu dapat dilakukan pada Senin mendatang.”

• Baca: Demo P2SEM, Kejati Diminta Usut Tuntas Politikus Demokrat

Pakde Karwo menambahkan, usai pertemuan, tim akan segera bekerja hingga Sabtu mendatang. Kemudian di hari yang sama dilakukan penandatanganan nama–nama yang di-PAW.

Minggu, nama-nama yang sudah di tandatangani dicek kemudian dikirimkan ke Kota Malang dan pada Senin akan dilakukan pelantikan.

“Ini semua dilakukan untuk mempercepat proses, hari ini kita langsung kerja. Kita apresiasi kinerja partai, KPU hingga Pak Wakil Wali Kota. Bahkan, urusan PAW di kabupaten/kota yang biasanya selesai hingga lima hari kita selesaikan menjadi satu hari,” tegasnya.