PAN Tak Ambil Pusing dengan Kepergian Suyoto ke Nasdem

SUYOTO TINGGALKAN PAN: Agus Maimun (kiri), kepergian Suyoto ke Nasdem tak akan pengaruhi suara PAN di Pileg 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
SUYOTO TINGGALKAN PAN: Agus Maimun (kiri), kepergian Suyoto ke Nasdem tak akan pengaruhi suara PAN di Pileg 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Meski belum menerima pemberitahuan secara resmi, Bendahara DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jatim, Agus Maimun membenarkan kabar yang menyebut Wakil Ketua Umum DPP PAN, Suyoto hengkang ke Partai Nasdem.

Namun Agus tak ambil pusing dengan kepindahan mantan bupati Bojonegoro dua periode tersebut, karena dinilainya tak akan berpengaruh terhadap suara PAN di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

“PAN ini partai yang kuat pengaderannya, sehingga tidak ada yang tidak tergantikan. Misalnya tanpa saya, Agus Maimun atau kader yang lain, PAN akan tetap berjalan dengan baik,” katanya, Kamis (12/7).

• Baca: Kaharudin-Amir ‘Loncat Pagar’, Nasdem Dapat Angin Segar

Meski demikian, secara kepartaian, tambah Agus, PAN tetap menghormati keputusan yang diambil setiap kader. “Setiap orang orang punya hak. Tapi kami percaya bahwa di PAN proses pengkaderan terus berjalan,” katanya.

Jadi, tandas Agus “Kalaupun ada satu dua yang memutuskan untuk pindah, tidak berpengaruh pada PAN. Bagi kami, justru ini tantangan untuk memperkuat partai secara kelembagaan dan menajamkan lagi dari sisi pengaderan.”

Menariknya, seolah barter kader, PAN juga akan kedatangan kader baru dari Nasdem. Namun anggota DPRD Jatim itu masih merahasiakan sosok yang ingin berlabuh ke partai berlambang matahari terbit itu. “Ada yang ke kami. Tapi soal siapa orangnya, nanti dulu,” cetusnya.

• Baca: Khofifah Sarankan Caleg PKPI Pasang Foto Hendropriyono

Di sisi lain, Sekretaris DPW Partai Nasdem Jatim, Aminumrochman membenarkan kabar berlabuhnya Suyoto ke partainya. Namun Amin belum berani memastikan, karena politikus yang akrab disapa Kang Yoto itu melakukan komunikasi langsung dengan DPP.

“Informasi awal yang saya dapat, insyaallah Pak Yoto mau nyaleg dari Partai Nasdem dari dapil Tuban-Bojonegoro. Tapi update-nya saya belum tahu karena komunikasi langsung dengan DPP,” tutur Amin.