Wakil Ketua PKB Gresik All Out Menangkan Khofifah-Emil

DISAMBUT RIBUAN JAMAAH: Khofifah Indar Parawansa (foto kiri) dan Arumi Bachsin (foto kanan) dielu-elukan jamaah saat keduanya hadir di Ponpes Bumi Aswaja, Gresik, Sabtu (23/12). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP
DISAMBUT RIBUAN JAMAAH: Khofifah Indar Parawansa (foto kiri) dan Arumi Bachsin (foto kanan) dielu-elukan ribuan jamaah saat keduanya hadir di Ponpes Bumi Aswaja, Gresik, Sabtu (23/12). | Foto: Barometerjatim.com/MARIJAN AP

GRESIK, Barometerjatim.com – Langkah berbeda dan berani diambil KH Irsyadul Ibad. Meski menjabat Wakil Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gresik, pengasuh Ponpes Bumi Aswaja itu lebih memilih mendukung Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak ketimbang pasangan calon yang bakal diusung PKB-PDIP, Saifullah Yusuf-Azwar Anas di Pilgub Jatim 2018.

“Saya akan all-out mendukung Bu Khofifah. Saya yakin beliau bisa menang,” tandas kiai yang akrab disapa Gus Irsyad tersebut kepada wartawan usai peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Haul ke-7 almaghfurlahum keluarga Ponpes Bumi Aswaja yang dihadiri Khofifah, Sabtu (23/12).

“Saya sudah berteman dengan Bu Khofifah sejak sama-sama menjadi aktivis PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Waktu itu saya jadi Ketua PMII di Bojonegoro dan Bu Khofifah di PMII Surabaya,” bebernya.

• Baca: Rekom Tanpa Cawagub, PKB Masih ‘Ragu’ Duet Gus Ipul-Anas

Sementara itu kehadiran Khofifah di Ponpes Bumi Aswaja dielu-elukan ribuan jamaah. Mereka bahkan langsung ‘menyerbu’ Menteri Sosial yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU itu sesaat setelah turun dari mobil untuk bersalaman.

Dalam ceramahnya, Khofifah membeberkan tentang peran dua tokoh besar Nahdlatul Ulama (NU), KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan KH Hasyim Muzadi yang menjadi juru damai bagi umat Islam di berbagai negara yang tengah dilanda konflik.

Selain itu,  Khofifah mengajak jamaah untuk mendoakan bangsa Palestina yang sampai saat ini masih berkonflik hebat dengan Israel.

“Sebagai warga sesama muslim kita patut prihatin dengan nasib warga di Palestina. Mereka sudah cukup lama hidup dalam konflik peperangan. Untuk kita harus mendoakan mereka agar segera terlepas dari konflik yang berkepanjangan,” katanya.

‘Magnet’ bagi Jamaah

SAMBUTAN TUAN RUMAH: Gus Irsyad bersama istri menyambut kehadiran Emil Dardak-Arumi Bachsin di di Ponpes Bumi Aswaja, Gresik, Sabtu (23/12). | Foto: Barometerjatim.com/Didik Hendriyono
SAMBUTAN TUAN RUMAH: Gus Irsyad bersama istri menyambut kehadiran Emil Dardak-Arumi Bachsin di di Ponpes Bumi Aswaja, Gresik, Sabtu (23/12). | Foto: Barometerjatim.com/Didik Hendriyono

Usai Khofifah meninggalkan lokasi untuk melanjutkan perjalanan, datang kemudian Emil Dardak bersama istrinya, Arumi Bachsin. Sama seperti Khofifah, Emil dan Arumi juga menjadi ‘magnet’ bagi para jamaah, terutama ibu-ibu dan remaja putri.

“Suatu kehormatan bagi saya diundang ke sini sehingga bisa bertemu dengan warga Gresik. Terus terang saya baru pertama kali ini ke Gresik,” aku Arumi.

• Baca: Yang Muda, Yang Berebut Selfie dan Idolakan Khofifah

“Kehadiran saya di sini untuk memberikan support terhadap suami saya, yang kebetulan akan maju di Pilgub Jatim mendampingi Bu Khofifah,” tambahnya.

Sementara Emil menyampaikan, dirinya ingin menjalin silaturrahmi dengan warga Gresik khususnya dengan para santri dan warga sekitar Ponpes Bumi Aswaja. “Saya ingin memperkenalkan diri supaya masyarakat Gresik lebih kenal dengan saya,” katanya.