Unesa Gelar Pionir 2024, Ajang Gembleng Mahasiswa Jadi Pengusaha Sukses di Era Digital

| -
Unesa Gelar Pionir 2024, Ajang Gembleng Mahasiswa Jadi Pengusaha Sukses di Era Digital
BERSAING DI ERA DIGITAL: Himpunan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unesa gelar Pionir 2024. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Himpunan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sukses menggelar Pekan Inovasi dan Kewirausahaan Sistem Informasi (Pionir), beberapa waktu lalu.

Mengusung tema "Tumbuhkan Kreativitas, Kembangkan Wirausaha, Mahasiswa Bisa," kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha sukses di era digital.

Koordinator Prodi Sistem Informasi Unesa, I Kadek Dwi Nuryana menuturkan, inovasi dan kewirausahaan bagi mahasiswa sangat penting dalam menghadapi dinamika pasar kerja yang semakin kompetitif.

“Mahasiswa harus mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan solusi inovatif, yang tidak hanya bermanfaat bagi mereka sendiri tetapi juga bagi masyarakat luas,” ujarnya, Sabtu (15/6/2024).

Acara ini diorganisir Himpunan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unesa dengan dukungan dari Penanggung Jawab Mata Kuliah Kewirausahaan dan Dosen Pengampu Mata Kuliah, Dwi Fatrianto Suyatno.

ERA DIGITAL: Pionir 2024, ajang bekali mahasiswa jadi pengusaha sukses di era digital. | Foto: IST

Dia turut berperan aktif dalam memastikan pelaksanaan kegiatan, sehingga berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan pendidikan kewirausahaan.

Sasaran dari kegiatan ini mencakup seluruh mahasiswa Unesa dan masyarakat umum, dengan harapan dapat melibatkan partisipasi luas dan meningkatkan kesadaran tentang kewirausahaan.

Pionir 2024 mencakup berbagai program menarik, termasuk pameran ide bisnis dan workshop kewirausahaan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan ide-ide bisnis yang telah dikembangkan selama mata kuliah kewirausahaan.

Dosen juga ikut terlibat dalam memeriahkan kegiatan dengan membeli produk dari mahasiswa. Ini menunjukkan dukungan aktif dan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa.

Koordinator acara, Jalu Tri Atmaja menambahkan, kegiatan Pionir memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mempelajari bidang kewirausahaan.

“Kami belajar bagaimana merancang sebuah bisnis dari nol, menghadapi tantangan, dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Ini sangat membantu kami dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia bisnis sesungguhnya,” paparnya.

Dengan suksesnya pelaksanaan Pionir 2024, Unesa berharap dapat terus mendukung pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan wirausaha muda yang inovatif dan kreatif," imbuh I Kadek.

“Pionir menjadi bukti nyata upaya Unesa dalam membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis dan pengetahuan yang relevan untuk sukses di dunia bisnis, sekaligus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat,” pungkasnya.{*}

| Baca berita Kampus. Baca tulisan terukur Retna Mahya | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.