Gerindra Pemilik Kursi Terbanyak Masih Alot Rekom Emil Cawagub Jatim, Simak Reaksi Khofifah!

| -
Gerindra Pemilik Kursi Terbanyak Masih Alot Rekom Emil Cawagub Jatim, Simak Reaksi Khofifah!
TUNGGU REKOM PAKET: Khofifah-Emil, tunggu proses rekomendasi paket turun. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH

SURABAYA | Barometer Jatim – Beda dengan Demokrat dan Golkar -- masing-masing memiliki 11 dan 15 kursi di DPRD Jatim hasil Pileg 2024 -- yang sudah memberi rekomendasi paket Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju Pilgub Jatim 2024.

Gerindra sebagai pemilik kursi terbanyak (21) di barisan Koalisi Indonesia Maju (KIM), hingga kini masih alot mengeluarkan rekomendasi untuk Emil sebagai bakal Cawagub mendampingi Khofifah. Pun demikian dengan PAN (5 kursi).

Dalam catatan Barometerjatim.com, bagi Gerindra inilah kali pertama mengusung Khofifah di Pilgub Jatim sejak era reformasi. Pada Pilgub Jatim 2008, Gerindra belum berpartisipasi karena partai ini baru didirikan pada 6 Februari 2008.

Gerindra mulai berpartisipasi pada Pilgub Jatim 2013. Saat itu bersama Demokrat, Golkar, PAN, PKS, PPP, Hanura, PKNU, PDS, PBR, dan 22 partai nonkursi mengusung petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa Jilid II).

  • PETA PARPOL PILGUB JATIM 2024
    Rekom Khofifah-Emil: Demokrat (11 kursi), Golkar (15), PPP (4). Rekom Khofifah: Gerindra (21), PAN (5). Siap Dukung Khofifah: PDIP (21). Belum Tentukan Pasangan Calon: PKB (27), Nasdem (10), PKS (5), PSI (1).

Kemudian di Pilgub Jatim 2018, Gerindra bersama PDIP, PKB, dan PKS mengusung Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas. Namun di tengah running, Azwar Anas terganjal foto mesum dan posisinya digantikan Puti Guntur Soekarno.

Lantas, apa yang membuat Khofifah tak kunjung mendapat rekomendasi paket bersama Emil dari Gerindra?

Menurut Khofifah semuanya masih berproses. Namun mantan Menteri Sosial itu yakin rekomendasi paket dirinya bersama Emil dari seluruh Parpol KIM, termasuk Gerindra akan keluar.

“Kan rekom itu sudah ada Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN. Kita memang menunggu proses turunnya rekom paket Khofifah-Emil. Yang sudah paket Khofifah-Emil itu Demokrat, kemudian Golkar, hari ini PPP,” katanya usai menerima rekomendasi dari PPP di Kantor DPW PPP Jatim, Jalan Raya Kendangsari 36 Surabaya, Sabtu (18/5/2024) malam.

Insyaallah semua akan berseiring. Seperti yang disampaikan Ketua Umum Golkar, bahwa komunikasi partai yang dalam KIM insyaallah pada posisi paket Khofifah-Emil,” tandasnya.

KIM adalah barisan Parpol pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Terdiri dari empat Parpol parlemen (Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat) dan empat Parpol non-parlemen (PSI, PBB, Garuda, dan Gelora).

Selain dengan Parpol pendukung Prabowo-Gibran, Khofifah menegaskan dirinya bersama Emil juga tengah membangun komunikasi dengan Parpol di luar KIM, termasuk PDIP.

“Kami membangun komunikasi, Mas Emil juga membangun komunikasi yang sama. Jadi saling mencari waktu yang cocok antara kami,” ucapnya.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Abdillah HR | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

 

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.