Tour of Kemala Sukses Digelar, Kapolri: Banyuwangi Inspirasi Sport Tourism

| -
Tour of Kemala Sukses Digelar, Kapolri: Banyuwangi Inspirasi Sport Tourism
AJANG BALAP: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut lepas peserta Tour of Kemala 2023. | Foto: IST

BANYUWANGI | Barometer Jatim – Tour of Kemala 2023, ajang balap sepeda nasional yang dihelat di Banyuwangi dan diselenggarakan oleh Kemala Bhayangkari dan PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), 7-8 Oktober, berjalan dengan sukses dan meriah. Total 1.400 hadir, dan ribuan kru serta pendamping lainnya. Sejumlah selebritas pehobi sepeda juga ikut berlaga, mulai Luna Maya hingga Nirina Zubir.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang juga ketua umum PB ISSI turut hadir dan melepas secara langsung ribuan peserta di Pantai Boom Marina, Banyuwangi.

“Luar biasa semarak Tour of Kemala. Terima kasih seluruh atlet. Terima kasih Banyuwangi, inspirasi dalam mengembangkan sport tourism, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kapolri saat melepas pembalap di Pantai Boom, Minggu (8/10/2023).

Turut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum Bhayangkari Juliati Listyo Sigit Prabowo, Asrena Kapolri Irjen Wahyu Hadiningrat, Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Harmanto, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dan Sekjen PB ISSI Parama Nugroho.

| Baca juga:

Kapolri mengapresiasi penyelenggaraan Tour of Kemala Banyuwangi 2023 yang tidak hanya menjadi ajang olahraga sepeda, tetapi juga mempromosikan potensi pariwisata dan UMKM. Dia berharap acara ini dapat meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dan masyarakat, serta menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengembangkan sport tourism.

Selain menyuguhkan aksi balap sepeda yang menantang dan menarik, Tour of Kemala 2023 juga melibatkan ratusan UMKM di sekitar lokasi acara. Ada sekitar 180 booth stand UMKM yang disiapkan oleh panitia untuk memeriahkan acara ini. Para UMKM ini menawarkan berbagai macam produk, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, fashion, hingga souvenir khas Banyuwangi.

Kapolri mengatakan ini merupakan salah satu bentuk dukungan TNI-Polri terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan, khususnya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

| Baca juga:

Para pembalap melewati beberapa lokasi wisata dan tempat-tempat ikonik di Banyuwangi seperti, Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren, hingga Bandara Banyuwangi yang merupakan bangunan berarsitektur terbaik dunia dalam ajang Aga Khan Award 2022.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam Tour of Kemala 2023. Ia berharap acara ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai olahraga dan menjaga kesehatan, serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

“Kami sangat bangga dan senang bisa menjadi tuan rumah Tour of Kemala 2023. Ini adalah sebuah kehormatan bagi kami untuk menyambut para peserta dari berbagai daerah dan negara. Terima kasih kepada Bapak Kapolri dan Ibu Ketua Umum Bhayangkari. Semoga acara ini dapat memberikan pengalaman berkesan dan bermanfaat bagi semua peserta, serta mempromosikan Banyuwangi sebagai destinasi sport tourism yang menarik dan berkualitas,” kata Ipuk.{*}

| Baca berita Banyuwangi. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.