Gelar Turnamen Perdana di Sidoarjo, Bupati Fauzi Mulai Keliling Jatim Cari Bibit Atlet Catur

| -
Gelar Turnamen Perdana di Sidoarjo, Bupati Fauzi Mulai Keliling Jatim Cari Bibit Atlet Catur
BERI SEMANGAT: Bupati Fauzi memberi semangat peserta turnamen catur di Sidoarjo. | Foto: Barometerjatim.com/HADI

SIDOARJO, Barometer Jatim – Ketua Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jatim yang juga Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mulai keliling Jatim untuk mencari bibit-bibit baru atlet catur.

Minggu (3/9/2023) hari ini, Kabupaten Sidoarjo menjadi lokasi perdana turnamen catur memperebutkan Piala Achmad Fauzi Wongsojudo.

Alhamdulillah kejuaraan di Sidoarjo menyedot animo ratusan masyarakat. Ada 247 peserta mulai dari usia 6 hingga 90 tahun yang ikut kompetisi,” kata bupati yang akrab disapa Cak Fauzi tersebut.

“Kompetisi catur di Sidoarjo ini juga turut diikuti peserta dari kalangan disabilitas. Alhamdulillah animo masyarakat Sidoarjo terhadap olahraga catur cukup tinggi,” sambungnya.

Cak Fauzi menjelaskan, kompetisi ini terbagi dalam tiga kategori. Kategori pertama untuk putri kelompok umur, kedua yakni putra kelompok umur, dan terakhir kategori terbuka. Seluruh kategori bisa diikuti siapa saja yang berminat untuk memperbutkan hadiah jutaan rupiah.

| Baca juga:

Dari Sidoarjo, kompetisi akan digelar di kabupaten/kota lainnya di Jatim. Selain iru, Cak Fauzi akan keliling pondok pesantren untuk mengenalkan “One Pesantren One Atlet”, sebuah program untuk mencari talenta-talenta catur baru di lembaga pendidikan agama.

Cak Fauzi juga berkomitmen dalam melakukan pembinaan dan meraih prestasi olahraga catur untuk Jatim dan nasional.

“Potensi atlet di Jatim sangat besar, kami harus melakukan pendataan seluruh atlet mulai dari junior hingga senior,” kata Cak Fauzi.

“Kami akan melakukan pelatihan. Sebab di catur tidak ada prestasi yang diraih secara instan, perlu pelatihan dan turnamen agar mental lebih kuat,” imbuhnya.{*}

| Baca berita Catur. Baca tulisan terukur Syaikhul Hadi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.